Meniru #KebiasaanBaik Dialog Anak di Kampung Semanak Yogyakarta

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:30 WIB
#KebiasaanBaik di RW 24 Mergangsan Kidul Yogyakarta dengan rutin menggelar dialog anak. (Dok. Pemkot Yogyakarta)
#KebiasaanBaik di RW 24 Mergangsan Kidul Yogyakarta dengan rutin menggelar dialog anak. (Dok. Pemkot Yogyakarta)

 

BERITABAIK.ID - RW 24 Mergangsan Kidul di Yogyakarta punya cara unik untuk mewujudkan kampung mereka menjadi kampung yang nyaman huni serta penuh dengan toleransi.

Ya, mereka mengajak anak-anak berdialog secara rutin dalam satu forum. Sebagai informasi kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Kampung Semanak.

Sebelumnya, RW 24 Mergangsan Kidul telah mendeklarasikan diri sebagai Kampung Semanak. Nama ini bermakna sebagai ikhtiar bersama seluruh masyarakat di wilayah RW tersebut untuk membangun kebersamaan, keakraban, keramahan dan kekeluargaan.

Acara diskusi tersebut biasanya dihadiri sebanyak 50 anak dan remaja, mulai dari tingkat SD hingga Mahasiswa yang tinggal dan berdomisili di wilayah RW 24.

Baca Juga: Bangga! Anak Muda Kota Bandung Juara Bahasa Ibu

Ketua Umum LPMK Kelurahan Wirogunan, Abdul Razaq menyatakan, dialog anak  dimaksudkan untuk mendengar harapan dan usulan anak dalam mewujudkan kampung semanak.

Harapan anak tersebut, lanjutnya, akan ditindak lanjuti dalam bentuk kegiatan dan disinkronkan dengan harapan orang tua, pengurus dan tokoh masyarakat.

"Kegiatan ini sebagai ikhtiar bersama dalam mewujudkan Kampung Semanak. Anak tidak lagi sebagai objek, namun juga subjek dalam mewujudkan kampung yang nyaman huni,” ujarnya dalam laman resmi Pemerintah Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Marshal Deru Bumi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X