Platform Digital Pisodapur, Perkuat Penanganan Bencana Gempa Cianjur

- Sabtu, 26 November 2022 | 14:18 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi penanganan kebencanaan Cianjur dan platform digital Pisodapur. (Foto: Yogi Prayoga/ Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi penanganan kebencanaan Cianjur dan platform digital Pisodapur. (Foto: Yogi Prayoga/ Biro Adpim Jabar)

BERITABAIK.ID - Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan meluncurkan platform digital Pisodapur atau Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur.

Platform tersebut bermanfaat untuk memenuhi berbagai kebutuhan logistik warga secara masif dan terukur.

Menurut Ridwan Kamil, dengan Pisodapur, sistem menjadi terpusat dan diharapkan mampu menyuplai kebutuhan warga korban gempa Cianjur dengan cepat dan tepat sasaran.

"Kita sedang siapkan pusat data, namanya Pisodapur (Pusat Informasi dan Koordinasi Gempa Cianjur). Nah, nanti data, foto bantuannya seperti apa termasuk kebutuhan logistik, kelebihan dan kekurangan apa saja nanti muncul di situ," kata Ridwan Kamil, dalam keterangan persnya, Sabtu (26/11/2022).

Pisodapur nantinya bisa diaplikasikan juga untuk membantu korban bencana yang lain, bukan hanya di Cianjur.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Film Bioskop yang Cocok Temani Libur Akhir Tahunmu

Ridwan Kamil menilai, semua permasalahan akan secara bertahap diselesaikan apabila sesuai dengan data. Untuk itu, hadirnya Pisodapur akan melengkapi apa-apa saja yang dibutuhkan warga, dan juga ada progresnya.

"Di sana ada berbasis peta, butuh apa nanti muncul. Kalau warna merah masih berbentuk laporan, kalau kuning sudah ada yang bertindak, kalau sudah hijau tindakan sudah deliver," ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ajak Guru Jadi Teladan dalam Merespons Gempa Cianjur

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Sambut Hari Raya Imlek dengan Toleransi

Kamis, 19 Januari 2023 | 13:40 WIB
X