• Rabu, 17 Agustus 2022

Yoris Sebastian Meluncurkan Buku Terbarunya '101 Creative Notes' Lewat Gramedia Pustaka Utama

- Jumat, 25 Maret 2022 | 16:56 WIB
 (dok. Tangkapan Layar Peluncuran Virtual 101 Creative Notes)
(dok. Tangkapan Layar Peluncuran Virtual 101 Creative Notes)

Setelah sempat mengalami penundaan terbit, edisi bahasa Inggris dari buku '101 Creative Notes' karya Yoris Sebastian akhirnya resmi dirilis Maret ini oleh Gramedia Pustaka Utama.

Pada peluncuran yang berlangsung secara virtual pada Jumat, (25/3/22), Yoris menyampaikan bahwa terdapat penyesuaian beberapa bab dalam bukunya yang disebabkan perubahan kesehariannya akibat pandemi.

"Terbitnya buku ini sempat tertunda beberapa kali, tapi saya selalu berusaha untuk mengambil sisi baiknya. Awalnya, buku ke-10 ini disiapkan untuk merayakan tahun ke-10 saya sebagai penulis. Buku sudah siap cetak, tapi kemudian ditunda karena terjadi pandemi COVID-19," ujar Yoris.

"Pandemi kemudian menjadi waktu yang tepat bagi saya untuk merevisi beberapa catatan pribadi dan juga untuk memperbarui naskah '101 Creative Notes'. Pandemi telah mengubah banyak hal yang kita lakukan, beberapa hal yang saya pikir akan terus berlanjut bahkan setelah pandemi berakhir, telah saya tambahkan ke dalam buku ini," tambahnya.

Baca Juga: Karya Norman Erikson Pasaribu Masuk Daftar Panjang International Booker Prize 2022

Ide penulisan '101 Creative Notes' berawal saat banyak yang terus bertanya kepada Yoris, bagaimana cara menjadi orang yang kreatif, justru setelah mereka mengikuti berbagai seminar dan workshop yang Yoris berikan.

Karena itulah Yoris menghadirkan buku kreatif versi berbeda, yang berisi lebih banyak ilustrasi dan foto, dengan harapan lebih mudah membaca visual bagi kebanyakan orang.

Di dalamnya, Yoris membagikan berbagai personal notes yang telah ia kumpulkan selama ini. Ada 101 cara yang ia lakukan sehingga bisa berubah dari orang yang biasa-biasa saja menjadi salah satu sosok yang kreatif di Indonesia saat ini.

Berbagai kebiasaan Yoris turut dibeberkan di buku ini, mulai dari 'Separate Work and Personal Area', 'Start Your Very Own Creative Circle', 'Meet Strangers Regularly', dan 'Fight Your Feeling Not Your Body'.

"101 Creative Notes edisi ini diterbitkan dalam bahasa Inggris, terkait tugas saya sebagai Country Representative London Speaker Bureau di Indonesia sejak tahun 2020. Adanya versi bahasa Inggris tentunya akan dapat membuat ide-ide yang saya sampaikan dalam buku ini, dapat juga dipahami oleh pembaca global," tutur Yoris.

Yoris sebelumnya telah menulis 7 buku tentang kreativitas dan inovasi, ditambah 2 buku tentang generasi milenial. Sejak buku pertamanya 'Oh My Goodness: Buku Pintar Seorang Creative Junkies' terbit pada 2010, ia telah banyak berbicara tentang kekuatan ekonomi kreatif dan telah membantu banyak wirausahawan kreatif muda baru untuk berkembang.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berseni Kembali Bersama 'Musim Seni Salihara 2022'

Senin, 1 Agustus 2022 | 09:15 WIB

Resmi! Bandung Menjadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:57 WIB

Yuk, Kenali 9 Jenis Angklung dan Fungsinya

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:07 WIB
X