• Rabu, 10 Agustus 2022

Bukan Hanya Bumbu Masak, Kunyit Juga Bisa Tingkatkan Daya Ingat

- Senin, 11 Juli 2022 | 09:52 WIB
Bukan hanya bumbu masakan, kunyit juga bisa meningkatkan daya ingat. (Ilustrasi/Pixabay)
Bukan hanya bumbu masakan, kunyit juga bisa meningkatkan daya ingat. (Ilustrasi/Pixabay)

BERITABAIK.ID - TemanBaik, kunyit kerap dipakai ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan sejenis gulai. Kunyit juga biasa digunakan sebagai pewarna kuning dan pengawet alami pada masakan.

Nah, dari segi kesehatan, kunyit ternyata juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa jika dikonsumsi dalam kadar cukup.

Menurut dr Zaidul Akbar, orang yang mengonsumsi kunyit menurunkan potensi penyakit dimensia atau penurunan daya ingat. Kunyit inilah rahasia orang-orang India memiliki daya ingat kuat.

"India adalah salah satu negara yang rendah sekali angka demensianya. Ternyata orang-orang India mengonsumsi kunyit. Kunyit itu sebenarnya antipikun," jelasnya, seperti dikutip dari umma.id.

Selain itu, kunyit juga berperan sebagai zat antikanker. Kunyit bisa menurunkan sekaligus memberantas sel-sel kanker yang barangkali hinggap di dalam tubuh penderitanya.

Baca Juga: Sebar 45 Sapi dan 100 Domba, Yana: Insya Allah Terjamin Kesehatannya

"Sains menjelaskan bahwa bentuk-bentuk begini (kunyit) punya khasiat antikanker. Salam ilmu tradisonal itu, orang yang kena penyakit liver biasanya badannya akan tampak kuning," kata Zaidul.

"Maka kita mengobatinya dengan ciptaan Allah yang berwarna kuning. Itu sebenarnya yang menurut saya ilmu pengobatan itu mudah. Kita aja yang lupa bahwa kita ciptaan Allah," paparnya.

Khasiat itu tidak terlepas dari keagungan Allah SWT yang memberikan banyak manfaat pada setiap ciptaan-Nya. Walaupun bentuknya tidak beraturan, kunyit tetap menyimpan manfaat sebagai obat.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: umma.id

Artikel Terkait

Terkini

Simak Baik-baik, Ini Cara Efektif Berantas DBD

Kamis, 21 Juli 2022 | 16:21 WIB
X