Wagub Jabar: MTQ Jadi Ajang Pengamalan Nilai Kebaikan Alquran

- Senin, 20 Juni 2022 | 10:40 WIB
Pembukaan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan IPP, Kabupaten Sumedang, Minggu (19/6/2022). (Humas Pemkot Bandung)
Pembukaan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan IPP, Kabupaten Sumedang, Minggu (19/6/2022). (Humas Pemkot Bandung)

BERITABAIK.ID - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jabar dapat memberikan efek domino bagi masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai kebaikan Alquran.

"MTQ bukan hanya seremonial tetapi kewajiban kita sebagai muslim untuk membumikan Alquran," kata Uu dalam sambutan pada pembukaan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan IPP, Kabupaten Sumedang, Minggu (19/6/2022).

Menurut Uu, MTQ merupakan bagian syiar agama Islam. Selain itu, juga berfungsi sebagai arena evaluasi sejauh mana pendidikan dan pembinaan Alquran kepada masyarakat.

"Evaluasi untuk ulama qiraah dan LPTQ, sudah sejauh mana pendidikan ke para santri," katanya.

Uu berharap, MTQ Jabar menghasilkan bibit unggul untuk persiapan ke MTQ nasional. Pada MTQ nasional 2020 Jabar berada di peringkat tiga nasional.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sudahi Dukacita, Siap Lanjutkan Jejak Kebaikan Eril

Sementara itu, Wali Kota Bandung Yana Mulyana optimistis kafilah MTQ Kota Bandung dapat mempertahankan prestasi juara umum tingkat provinsi untuk kesembilan kalinya.

"Mudah-mudahan kita bisa tetap mempertahankan juara umum kesembilan kalinya secara berturut-turut," kata Yana dalam siaran persnya.

Yana memberikan semangat kepada para kafilah Kota Bandung yang akan berlaga di MTQ Tingkat Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Barat Jadi Pionir Pariwisata Berbasis HAM

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:55 WIB
X