Mengenal Keindahan dan Eksotisnya Mulut Seribu di NTT

- Senin, 17 Februari 2020 | 09:40 WIB

TemanBaik ada yang tahu perairan Mulut Seribu di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT)? Nah, jangankan orang Indonesia secara umum, orang NTT saja mungkin banyak yang enggak tahu dengan kawasan ini.

Padahal, Mulut Seribu ini adalah tempat yang sangat indah dan eksostis loh TemanBaik. Bahkan, kawasan ini disandingkan keindahannya dengan Raja Ampat di Papua. Kenal lebih dekat dengan Mulut Seribu ini yuk!

Dilansir di laman Indonesia.go.id, Mulut Seribu ini terletak di Papela, Pulau Rote, Rote Timur, NTT. Daya tarik utamanya tentu adalah keindahan alam yang disebut-sebut tak kalah indah dari Raja Ampat.

Asal-usul nama Mulut Seribu ini menurut cerita warga setempat adalah karena lokasinya. Kawasan ini merupakan pantai yang mempunyai banyak tebing dan karang di sekitarnya seperti membentuk gua. Sepintas, tempat ini disebut mempunyai bentuk seperti banyak mulut. Sehingga, nama Mulut Seribu kemudian disematkan terhadap kawasan ini.

Baca Ini Juga Yuk: Menikmati Koleksi Museum dengan Pemandangan Gunung di Kota Batu

Mengunjungi Mulut Seribu adalah perjalanan menyusuri laut dengan melewati tebing-tebing yang terbentuk secara natural. Area itu pun semakin indah karena banyak terdapat batu karang yang ditumbuhi pepohonan.

Hijaunya pepohonan di kawasan ini pun terlihat kontras dengan gelapnya batu karang. Tebing-tebing tajam dan panjang pun menambah keeksotisan lokasi ditambah deburan suara ombak yang menghantam sisi tebing.

Cara ke Mulut Seribu
Untuk bisa mengunjungi Mulut Seribu, TemanBaik harus lebih dulu ke Kupang. Setelah tiba di Kupang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan mengugnakan pesawat yang harganya sekitar Rp100-300 ribu. Butuh waktu 15 menit dari Kupang untuk sampai di Ba'a, Ibu Kota Kabupaten Rote.

Selain pesawat, kamu bisa kok menggunakan kapal cepat atau kapal feri. Tapi, waktu tempuh jelas jauh lebih lama, yaitu 2 jam dengan menggunakan kapal cepat dan 4 jam untuk kapal feri.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Mengintip Keindahan Kampung Kaligrafi di Kota Bandung

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:00 WIB

10 Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan

Sabtu, 26 November 2022 | 08:27 WIB

Mantap! Ada Sikruit RC Baru di Antapani Kidul Bandung

Kamis, 3 November 2022 | 16:36 WIB

5 Tempat Wisata di Jawa Barat Berbalut Cerita Legenda

Minggu, 30 Oktober 2022 | 09:20 WIB
X