bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Bertemu Teman Baik
Choirul Ibnu Fajar.

Pulang dari Taiwan, Choirul Kembangkan Pertanian di Ngamprah KBB

BERITABAIK.ID - Berbekal pengalaman magang di Taiwan pada 2019 hingga 2020, Choirul Ibnu Fajar terjun ke dunia pertanian.

Di kampung halamannya Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Choirul menerapkan ilmunya untuk mengoptimalkan sektor pertanian.

"Komoditas unggulan saya di hortikultura, spesifikasinya di selada romaine, lorosa, dan siomak," kata petani milenial tersebut.

Baca Juga : Gubernur Ridwan Kamil Dorong Masyarakat Manfaatkan Subsidi Kendaraan Listrik

Choirul menceritakan awal mula ketertarikannya dalam dunia pertanian. Saat magang di Taiwan, Choirul mengaku melihat banyak hal tentang bagaimana petani di Taiwan memiliki konsep.

"Jadi tidak asal panen kemudian selesai, tapi ada konsep tata kelola manajemen kebun di sana yang sangat rapi," kata Choirul.

Dari ilmu dan pengalaman yang diperolehnya tersebut, Choiru langsung berinisiatif menganalisa potensi apa yang bisa dioptimalkan di tempat tinggalnya.

Baca Juga : Yohana Gagarini, Membuka Kesadaran Merawat Alam di Eco Camp Bandung

"Saya akhirnya melakukan riset komoditas dan riset pasar tentunya. Dari hasil riset, ternyata ada (komoditas) yang fluktuasi harganya stabil," kata Choirul.

Choiril akhirnya menentukan beberapa komoditas yang harus dikembangkan di kampung halamannya. Keputusan tersebut mendapat dukungan dari orang tuanya.

"Orang tua juga sangat mendukung anaknya jadi apa. Mereka tak pernah melarang saya mau jadi apa, mau jadi petani, orang tua memberikan support," kata Choirul.***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Gubernur Ridwan Kamil Dorong Masyarakat Manfaatkan Subsidi Kendaraan Listrik

Bank bjb Raih Dua Penghargaan di Ajang Indonesia Innovation Awards 2023