• Rabu, 7 Desember 2022

Ngobrol di Dapur Bareng Ibu Pejuang Kanker

- Minggu, 8 Agustus 2021 | 15:06 WIB





Dapur mungkin dianggap sebagai tempat yang biasa saja. Namun, dalam situasi tertentu, dapur bisa membawa cerita menarik tersendiri, menggugah hati, hingga menginspirasi.

Hal ini tersaji saat Beritabaik.id menyambangi Rumah Pejuang Kanker Ambu (RPKA) di Jalan Bijaksana Dalam, Kota Bandung. Ini adalah rumah singgah bagi para pejuang kanker yang sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di Bandung.

Total, di kawasan ini, empat rumah dijadikan rumah singgah. Sedangkan jumlah pasien dan pendampingnya yang tinggal setiap harinya rata-rata sekitar 100 orang.

Di sini, yang tinggal adalah warga dari berbagai daerah. Mayoritas memang berasal dari kabupaten/kota di Jawa Barat, tapi ada juga daerah provinsi lain di Indonesia.

Berbicara soal dapur, Beritabaik.id tertarik mengunjungi dapur umum di salah satu rumah singgah. Dapur ini ada di area rumah singgah bagi anak-anak pejuang kanker. Saat masuk ke dapur, terlihat ibu-ibu sedang sibuk memasak makanan.

Makanan-makanan inilah yang akan disajikan bagi para pejuang kanker anak maupun dewasa, serta pendamping atau keluarganya. Setiap harinya, dapur ini selalu 'hidup' dengan kegiatan memasak.

Baca Ini Juga Yuk: Jajanan di Ambu, Produk Penuh Cinta dari Pejuang Kanker

Selain memasak bagi penghuni rumah singgah, di dapur ini sejak sebulan terakhir juga disibukkan dengan produksi makanan yang diberi nama 'Jajanan di Ambu'. Produk ini merupakan bentuk usaha RPKA meraih pemasukan demi memberi kemudahan dan fasilitas bagi pejuang kanker di sana.

Pemandangan di sana cukup sibuk, banyak ibu-ibu yang berkutat dengan tugas masing-masing. Ada yang memasak untuk penghuni rumah singgah, ada juga yang sedang memproduksi bawang goreng, salah satu produk 'Jajanan di Ambu'.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X