• Sabtu, 26 November 2022

Menebar Kebaikan saat PPKM Darurat Lewat Disinfektan

- Minggu, 4 Juli 2021 | 11:15 WIB





Aksi baik bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, aksi baik juga bisa dilakukan.

Gerakan Disinfektan Bandung misalnya, di masa PPKM Darurat ini, gerakan ini kembali digalakan. Tujuannya besarnya adalah meminimalisir penyebaran COVID-19. Tahu kan jika saat ini banyak banget kasus COVID-19? Karena inilah pemerintah mengambil kebijakan PPKM Daruat.

Di tengah PPKM Darurat, Gerakan Disinfektan Bandung tak mau sekadar jadi penonton dalam memerangi penyebaran COVID-19. Sehingga, mereka terjun langsung ke lingkungan masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan Gerakan Disinfektan Bandung sendiri sudah ada sejak sekitar setahun lalu. Para relawan terjun ke berbagai titik melakukan sterilisasi pemukiman warga. Langkah ini sempat terhenti beberapa saat karena masyarakat dianggap sudah bisa melakukan disinfeksi sendiri dan teredukasi melalui kegiatan ini.

Baca Ini Juga Yuk: Aksi Baik RMG Uwais, Bagikan 400 Porsi Makanan Sehari

Namun, menjelang dan setelah PPKM Darurat diberlakukan, penyemprotan disinfektan kembali digaungkan Gerakan Disinfektan Bandung. Sebab, jumlah kasus COVID-19 makin melonjak tajam. Bahkan, ada banyak warga yang melakukan isolasi mandiri.

Sehingga, demi meminimalisir penyebaran COVID-19, disinfeksi di kawasan sekitar tempat isolasi mandiri atau di lingkungan yang terdapat kasus COVID-19, perlu disterilisasi. Kegiatan ini juga jadi sarana edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan dan berbagai langkah antisipasi lainnya.

"Ini kita laksanakan lagi karena ada PPKM Darurat, kondisinya lebih urgent ketimbang yang sebelumnya," kata inisiator Gerakan Disinfektan Bandung Joshua Banjarnahor kepada BeritaBaik.id.

Yang menarik, berbagai peralatan dan kebutuhan Gerakan Disinfektan Bandung ini berasal dari kocek pribadi. Para relawan dari potensi SAR pun dengan sukarela berkontribusi terlibat melakukan penyemprotan ke lingkungan warga.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

X