• Sabtu, 26 November 2022

Mulai Sekarang Perkantoran di Pemkab Purwakarta Minum Pakai Kendi

- Jumat, 18 Oktober 2019 | 15:30 WIB

Pemkab Purwakarta punya kebijakan unik nih TemanBaik. Mulai hari ini Jumat (18/10/2019), area perkantoran di wilayah Pemkab Purwakarta wajib memakai kendi sebagai tempat menyimpan air minum. Kendi itu jadi pengganti dispenser atau tempat air minum lainnya. Sehingga, jika para pegawai ingin minum, mereka tinggal mengambilnya dari kendi.

Kebijakan itu diambil untuk menggalakan gaya hidup ramah lingkungan. Penggunaan kendi diharapkan berkontribusi positif untuk meminimalisir penggunaan tempat air minum berbahan plastik seperti galon.

"Para pegawai biasa membawa mug sendiri kan. Nah, ambil air minumnya di kendi besar itu," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam rilis yang diterima BeritaBaik.id, Jumat (18/10/2019).

Anne juga berharap tersedianya air minum di dalam kendi membuat produksi sampah botol plastik air minum kemasan bisa ditekan. "Pegawai tidak perlu membeli air minum dalam kemasan plastik kan? Artinya, ini bertujuan mengurangi sampah plastik. Maka satu masalah lingkungan bisa terselesaikan melalui langkah kecil ini," ungkapnya.

Baca Ini Juga Yuk: Dukung Kampung Iklim, Purwakarta Manfaatkan Tempat Sedekah Sampah

Selain menggalakan gaya hidup ramah lingkungan, penggunaan kendi juga diharapkan berdampak positif untuk pangsa pasar kendi atau kerajina tanah liat lainnya di Purwakarta. Gaung penggunaan kendi diharapkan semakin meluas di masyarakat.

Purwakarta sendiri memiliki sentra pembuatan kerajinan berbahan tanah liat, salah satunya berupa kendi. Lokasi yang paling terkenal adalah di kawasan Plered. Produk kerajinan dari Plered justru lebih banyak diminati di luar negeri daripada di negeri sendiri.

"Selain Asia, Pasar Eropa, China, dan Amerika selama ini menjadi target pasar keramik Plered. Itu perlu terus kita dorong. Tetapi kita tidak boleh melupakan pangsa pasar lokal Purwakarta," jelasnya.

"Karena itu, saat ini Pemkab Purwakarta memberikan contoh penggunaan produk Pleres untuk kebutuhan sehari-hari," tutur Anne.

Halaman:

Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

X