• Kamis, 6 Oktober 2022

Gatot Gunawan, Sosok Penggagas Bulan Cinta Inggit Garnasih

- Rabu, 14 Agustus 2019 | 16:30 WIB





TemanBaik tahu dengan sosok Inggit Garnasih? Sebagian orang mungkin sudah mengenalnya. Inggit dikenal sebagai salah seorang istri Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Bung Karno dan Inggit menikah pada 24 Maret 1923 di Bandung. Rumah tangga mereka bertahan selama 20 tahun hingga akhirnya keduanya bercerai. Inggit minta diceraikan karena Bung Karno berniat menikahi Fatmawati.

Sosok Inggit Garnasih menarik perhatian Gatot Gunawan. Sejak duduk di bangku SMP, Inggit membuatnya jatuh cinta. Ia pun menelusuri berbagai hal seputar Inggit Garnasih hingga menemui keluarganya. Itu dilakukan karena referensi atau literatur seputar Inggit Garnasih tak begitu banyak.

Ketetarikan Gatot pada sosok Inggit tak lain karena sikap sabar dan kesetiaannya pada Bung Karno. Inggit benar-benar mendampingi Bung Karno dalam suka dan duka. Dalam kehidupannya bersama Inggit pula, Bung Karno menjadi sosok yang matang dalam berbagai hal.

Bahkan, meski sudah bercerai, Inggit sepanjang hidupnya tetap menyayangi Bung Karno. Sebaliknya, Inggit juga selalu dikenang Bung Karno sebagai perempuan hebat yang berjasa dalam kehidupannya, baik secara personal maupun perjuangan kemerdekaan.

Baca Ini Juga Yuk: Ikut Berbagi Cerita Kebaikan Lewat Komunitas Kampung Dongeng Yuk!

-

Setelah memiliki banyak cerita dan sejarah tentang Inggit Garnasih, Gatot merasakan kegelisahan tersendiri. Ia merasa apa yang diketahuinya justru tidak bermanfaat jika 'dimakan' sendiri. "Awalnya ada rasa gelisah. Setelah mencari-cari informasi tentang Bu Inggit, ketika sudah tahu, kepikiran masa mau saya simpan sendiri," kata Gatot kepada BeritaBaik.id.

Ia pun akhirnya berusaha menyebarkan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain. Sejak 2014, ia rutin mengadakan kegiatan Bulan Cinta Inggit Garnasih setiap Februari. Dalam sebulan itu, ada banyak kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan sosialisasi sosok Inggit Garnasih kepada publik.

Pada Februari 2019 misalnya, salah satu kegiatan Bulan Cinta Inggit Garnasih adalah 'Menulis Surat Cinta untuk Ibu Bangsa'. Kegiatan itu digelar di salah satu SMP di Kota Bandung. Dalam kegiatan itu, dijelaskan kepada para siswa soal sosok Inggit Garnasih. Selanjutnya, para siswa diajak untuk membuat surat cinta berisi ungkapan untuk Inggit Garnasih.

Halaman:

Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

X