• Rabu, 7 Desember 2022

5 Fakta Menarik Tentang Festival Rujak Uleg 2019 di Surabaya

- Minggu, 17 Maret 2019 | 16:30 WIB

Ingat Surabaya pasti ingat rujak uleg dong? Kuliner khas Kota Pahlawan ini emang enggak ada duanya. Itulah kenapa, pada hari ini, Minggu (17/03/2019), Pemerintah Kota Surabaya menggelar sebuah acara bertajuk “Festival Rujak Uleg 2019”.

Acara ini diadakan di kawasan kota tua di Surabaya, yakni di sepanjang Jalan Kembang Jepun. Festival Rujak Uleg 2019 berlangsung meriah sebab mendapat dukungan dan partisipasi dari segenap elemen masyarakat Kota Pahlawan.

Berikut ini fakta-fakta menarik di Festival Rujak Uleg 2019 yang bisa TemanBaik ketahui:

1. Kembali Lagi Setelah Absen

Festival Rujak Uleg ini sebenarnya merupakan agenda tahunan yang sudah masuk ke kalender Pemerintah Kota Surabaya. Dan hampir enggak pernah absen meramaikan momen perayaan Hari Jadi Kota Surabaya. Akan tetapi festival tahun ini cukup berkesan dan dinanti-nanti oleh masyarakat Kota Surabaya. Sebab, acara tahun lalu dibatalkan pelaksanaannya. “Acara ini diadakan dalam rangka ulang tahun Surabaya yang ke-726. Selain itu, sebagai tanda bahwa rujak ini merupakan hak paten Surabaya dan sudah diakui sehingga tidak akan diambil yang lain,” ujar Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

2. Pecahkan Rekor MURI Lewat Cobek Raksasa

Pada tahun ini, Festival Rujak Uleg 2019 berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena sekitar 25 orang perwakilan peserta dan Pemerintah Kota Surabaya menguleg rujak bersama di cobek raksasa dengan ukuran diameter 250 cm, dengan tinggi 30 cm, dan berat 1,5 ton. Cobek raksasa ini diletakkan di atas panggung megah yang ditata sedemikian rupa di tengah-tengah jalan Kembang Jepun supaya bisa terlihat oleh seluruh peserta.

3. Jumlah Peserta Melebihi Ekspektasi

Uniknya lagi, Festival Rujak Uleg 2019 ini enggak hanya memecahkan satu rekor saja, tapi dua rekor sekaligus. Rekor lainnya yaitu menguleg rujak cingur dengan peserta terbanyak. “Jika sebelumnya panitia menyatakan ada sekitar 1600 peserta yang terdaftar, tapi setelah kami verifikasi langsung hari ini ternyata diikuti oleh 1801 peserta. Dan rekor ini sebenarnya sudah pernah dicatat MURI pada 2009 dengan jumlah 1320 peserta. Sehingga, kembali surabaya menumbangkan rekornya sendiri,” tutur perwakilan Museum Rekor Dunia Indonesia di Festival Rujak Uleg 2019.

Halaman:

Editor: Mentari Nurmalia

Tags

Terkini

X