• Sabtu, 26 November 2022

4 Hal Unik Ciri Khas Wartawan yang Enggak Dibahas di Kampus

- Senin, 5 November 2018 | 16:24 WIB

Profesi wartawan atau jurnalis memiliki banyak hal unik. Bahkan, beberapa hal unik itu tidak dibahas saat kuliah ataupun secara teori. BeritaBaik pun mencoba merangkum hal-hal atau fakta unik itu berdasarkan pengalaman sejumlah wartawan untuk TemanBaik. Mau tahu? Yuk kita bahas di sini!

1. Posisi Enak
Setiap wartawan biasanya memiliki 'posisi enak' untuk membuat berita setelah liputan. Bagi wartawan media online atau cetak, saat ini mayoritas sudah menggunakan telepon genggam untuk mengetik berita. Bahkan, wartawan televisi dan radio pun kadang membuat naskah dengan mengetiknya di telepon genggam.

Saat mengetik, 'posisi enak' akan sangat subyektif, tergantung kenyamanan masing-masing. Tapi, posisi itu biasanya cukup menentukan selesainya pekerjaan lebih cepat.

Ada yang nyaman mengetik dan berpikir lancar dalam posisi jongkok, selonjoran dan punggung menempel ke tembok, hingga posisi tiduran di kursi panjang. Tapi, ada juga yang nyaman mengetik sambil duduk di kursi.

Biasanya, misalnya, mereka yang nyaman mengetik sambil selonjoran, justru akan sulit bekerja saat duduk di kursi, begitu juga sebaliknya. Ide atau kelancaran menulis terkadang sulit didapat saat di posisi tidak biasanya.

2. Identik dengan Jaket
Di banyak daerah di Indonesia, wartawan identik dengan penggunaan jaketnya. Bahkan, ada banyak wartawan yang tidak pernah melepas jaketnya seharian selama bekerja.

Harus siap 'tempur' liputan setiap saat biasanya jadi alasan wartawan ogah membuka jaket. Sehingga, saat mendadak harus liputan, wartawan tinggal meluncur tanpa harus ribet memakai jaket yang sudah dilepas.

Jaket itu akan berfungsi untuk melindungi tubuh agar tidak mudah masuk angin atau terhindar dari hujan. Jaket bahkan bisa dibilang sebagai sahabat sejati wartawan yang siap menemani ke mana saja.

3. Peralatan Wajib dalam Tas
Di dalam tas seorang wartawan biasanya terdapat barang-barang wajib. Apa saja? Selain telepon genggam, biasanya ada powerbank, kabel charger, headset, dan tentu saja tanda pengenal dari masing-masing kantor media.

Halaman:

Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

X