• Sabtu, 26 November 2022

Mengintip Sibuknya Warga Gang Ketupat Bandung Jelang Lebaran

- Selasa, 12 Juni 2018 | 11:50 WIB

Setiap jelang Lebaran, warga di Gang Blok Kupat, Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung selalu sibuk. Daerah ini merupakan salah satu sentra penghasil cangkang ketupat yang dikirim ke berbagai pasar tradisional di Kota Bandung.

Hampir seluruh warga di kawasan ini membuat cangkang ketupat. Ini sudah menjadi tradisi sejak dulu dilakukan oleh warga di ketupat">blok ketupat. Seperti Usi (35) yang mengaku sejak ia kecil sudah akrab dengan aktivitas membuat cangkang ketupat di kampungnya. Mereka terampil membuat cangkang ketupat dari janur.

"Pembuatan ketupat ini sudah dari nenek moyang sampai sekarang dan menjadi tradisi di ketupat">blok ketupat" ujar Usi saat ditemui BeritaBaik di Gang Blok Ketupat, Selasa (12/6).

Menjelang Idul Fitri atau Idul Adha menjadi saat yang tepat meraup untung yang berlipat dibandingkan hari biasanya. Dalam sehari warga mampu memproduksi hingga 20 ribu cangkang ketupat. Janurnya sendiri didatangkan dari Tasikmalaya.

"Ketupat dijual ke pasar sekitar Bandung. Ada juga yang datang ke rumah dan biasanya dijual per ikat yang berisi 10 buah dengan harga Rp 10 ribu," tambahnya.

Selain untuk hari raya seperti Idul Fitri, warga ketupat">blok ketupat juga sehari-hari memproduksi pembuatan cangkang ketupat untuk memenuhi kebutuhan pasar. "Biasanya dalam setahun itu produksi yang meningkat pada saat Idul Adha dan Idul Fitri, tapi hari-hari biasa juga tetep bikin ketupat," tutupnya.

Editor: Avitia Nurmatari

Tags

Terkini

X