• Jumat, 9 Desember 2022

Savlite, Inovasi Mahasiswa ITB untuk Suplai Daya Lampu Penerangan Jalan

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 19:12 WIB
Mahasiswa ITB berhasil membawa pulang gelar Runner Up pada ajang Think Efficiency 2022 yang bertajuk Powering The Nation. (Foto: itb.ac.id)
Mahasiswa ITB berhasil membawa pulang gelar Runner Up pada ajang Think Efficiency 2022 yang bertajuk Powering The Nation. (Foto: itb.ac.id)

BERITABAIK.ID - Tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menggagas sumber daya terbarukan yang menghasilkan listrik dari energi angin.

Namanya Savlite, sebuah produk terintegrasi antara turbin savonius dan lampu penerangan jalan di jalan tol atau disebut Self-sustaining Smart Street Lighting System.

Sebuah turbin dipasang di tengah jalan tol untuk menangkap energi angin dari kendaraan yang melintasi jalan tol.

Melansir laman resmi ITB, ide tersebut muncul dari fenomena empasan angin saat berkendara ketika berpapasan dengan truk atau mobil berkecepatan tinggi.

Berdasarkan kalkulasi, terdapat 11-13% energi yang hilang akibat gaya hambat udara tiap pergerakan mobil dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.

Baca Juga: Wagub Uu Dorong Pemuda Jabar Berkreasi dengan Inovasi dan Kolaborasi

Fenomena ini menciptakan dinamika fluida, yaitu peristiwa ikut bergeraknya udara di sekitar benda bergerak. Tim Savlite melihat peluang inovasi dari kejadian “tak disengaja” tersebut.

Energi listrik yang dihasilkan, mampu menyuplai daya untuk lampu penerangan jalan.

Berdasarkan simulasi Computer Fluid Dynamics (CFD) dengan tinjauan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, satu kendaraan dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam mampu menghasilkan 100 Watt Peak yang cukup menyuplai sebuah lampu penerangan jalan selama 12 jam.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: itb.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMART, Inovasi Pelacak Energi Surya Buatan Mahasiswa UI

Selasa, 29 November 2022 | 12:00 WIB

Coba 5 Cara ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gawai

Kamis, 10 November 2022 | 06:35 WIB
X