• Minggu, 25 September 2022

GELORA, Gelang Pendeteksi Tsunami Buatan Mahasiswa

- Kamis, 16 September 2021 | 13:00 WIB





Tim mahasiswa dan dosen Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi Fakultas Teknik Elektro Telkom University (Tel-U) bikin inovasi keren. Mereka menciptakan gelang pendeteksi tsunami bernama GELORA.

Tim pembuat GELORA beranggotakan Yasyfa Rifiani Putri, Muhamad Ridwansyah, Nur Rizki Rahmatulloh, Reyhan Fajar Nasution, serta dibimbing dosen Harfan Hian Ryanu. Mereka sukses membuat gelang yang mampu mendeteksi tsunami, bahkan mampu menggantikan alat pendeteksi tsunami yang telah ada, yaitu Buoy.

Ketua Tim GELORA Yasyfa Rifani Putri mengatakan konsep alat ini memanfaatkan teknologi Long Range (LoRa). Di Indonesia, LoRa memanfaatkan gelombang frekuensi antara 921-923 MHz (regulasi AS923-2).

“Kami membuat alat pendeteksi tsunami versi kami sendiri dengan menggunakan sensor ultrasonik dalam mengukur jarak penyurutan permukaan air. Hasil ukur tersebut lalu dikirim menuju gateway menggunakan teknologi LoRa," kata Yasyfa dalam keterangan resminya.

Gateway lalu meneruskan data ke server untuk keperluan monitoring. Saat permukaan air surut yang menandakan bakal terjadi tsunami, server akan mengirimkan data berupa notifikasi menuju gelang menggunakan LoRa.

Selanjutnya, gelang akan memberi notifikasi berupa teks dan suara kepada pengguna ketika ada tanda tsunami, khususnya saat permukaan air surut.

Baca Ini Juga Yuk: Bincang Dunia Digital Marketing Bareng Rizky Fahrurrozi

-

Dengan cara ini, risiko jatuhnya banyak korban bisa diminimalisir. Sebab, setelah ada notifikasi, informasi bisa disebarkan dan evakuasi warga atau wisatawan segera dilakukan.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

6 Cara Menghapus Jejak di Dunia Digital

Rabu, 1 Juni 2022 | 13:12 WIB
X