Tempat Bersejarah di Surabaya yang Bikin Ingat Jasa Pahlawan

Surabaya - Banyak cara untuk merayakan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November ini. Salah satunya dengan napak tilas ke tempat-tempat legendaris di era pahlawan berjuang. Untuk itu, BeritaBaik merangkum tempat-tempat di Kota Surabaya ini agar bisa kunjungi di Hari Pahlawan ini.

Tugu Pahlawan
Bangunan ini merupakan ikon Kota Surabaya yang sengaja dibangun untuk memperingati Hari Pahlawan. Tugu Pahlawan terletak di tengah Taman Kebonrojo, tepatnya di seberang kantor Gubernur Jawa Timur.

Di dekat Tugu Pahlawan terdapat sebuah museum yang letaknya di bawah piramida yang terbuat dari kaca. Di sana, pengunjung yang datang dapat menyaksikan patung peraga dan ukiran yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945.

Di museum ini juga memamerkan koleksi pidato Bung Tomo dan rekaman suara Bung Tomo saat menolak ultimatum tentara sekutu yang mengharuskan rakyat Surabaya untuk menyerah.

Baca Ini Juga Yuk: Indonesia Punya Empat Pahlawan Nasional Baru Loh, Sudah Tahu?

Jembatan Merah
Pada saat pertempuran melawan tentara Belanda dan Sekutu pada masa lampau, para arek-arek Suroboyo ini bertahan di kawasan Jembatan Merah.

Sekarang jembatan yang melintas tepat di atas Kali Mas ini sudah menjadi area Pecinan. Awal mulanya jembatan ini dibangun adalah untuk menghubungan Surabaya Timur dengan wilayah Surabaya Barat.

Surabaya Timur sendiri merupakan area pedagang dan pelaut asing. Sedangkan Surabaya sebelah Barat adalah kawasan pemerintahan kolonial Belanda.

Gedung Internatio
Gedung Internatio merupakan markas tentara sekutu yang dibangun pada tahun 1920 silam. Gedung bersejarah ini turut menjadi saksi sejarah, karena merupakan lokasi tewasnya pimpinan tentara Inggris Brigadir Jenderal Aubertin Mallaby. Kematian Mallaby ini lah yang menjadi awal meletusnya pertempuran 10 November 1945.

Hotel Majapahit/Hotel Yamoto
Hotel Yamoto atau yang sekarang dikenal dengan nama Hotel Majapahit ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda dan Jepang. Hotel ini menjadi saksi peristiwa perobekan warna biru di bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih.


Foto: Wikipedia

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler