Trik Rika Rafika Ajarkan Milenial Budaya Sunda Lewat Lagu

Bandung - Mengenalkan etnik dan budaya Sunda pada generasi milenial, jadi tantangan tersendiri bagi pesinden asal Bandung Rika Rafika. Dosen sekaligus penggiat seni ini pun punya trik jitu saat berhadapan dengan mahasiswanya.

Enggak beda dengan menyanyi di atas panggung, saat mengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan Bandung Rika juga butuh totalitas loh. Di sela jadwal manggungnya, penyanyi yang sudah melalang mancanegara ini juga harus piawai memainkan gimmick agar seni sunda jadi bahan diskusi yang mengasyikan.

"Karena kebetulan sebagian mahasiswa kenal basic dosennya, jadi saat di kelas aku sering mengenalkan seni budaya lewat lagu. Kemudian menyisipkan kosa kata bahasa Sunda yang mudah dicerna dan akhirnya cara begini yang bikin diskusi lebih seru," ujar Rika kepada BeritaBaik belum lama ini di Bandung.

Baca Ini Juga Yuk: Taufik Faturohman, Berjuang Lestarikan Bahasa Sunda

Seperti cerita konser 'Discovery Pasundan' yang pernah dijajalnya di Great Hall Imperial Collage London, sharing keren ini selalu mencuri perhatian para mahasiswanya. Di sisi lain, Rika juga wajib memperdalam bahan kuliah secara teoritis.

"Mahasiswa milenial kan pada kritis, jadi sebagai pengajar aku harus selalu terapkan strategi dan menganalisa dan memperdalam bahan kuliah yang mau disampaikan.

Soal karya, pelantun yang hit lewat lagu Karedok Leunca ini lagi menyiapkan mini album baru nih. Lulusan Magister Komunikasi Universitas Pasundan ini mengaku lagi mempersiapkan diri buat pembuatan video klip salah satu single-nya di Singapura.

"Isinya ada suda mellow, upbeat dan diselipkan juga satu religi. Lagu tersebut sengaja dibuat untuk muhasabah diri," pungkasnya.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler