Unik! Di Meksiko Kaktus Bisa Dibikin Salad Loh

Bandung - Kalau di Indonesia hit dijadikan pajangan, di Meksiko ternyata kaktus bisa dilahap loh. Namanya Ensalada Nopales alias salad kaktus. Jenis yang digunakan adalah kaktus hijau dan bercitarasa asam. Penasaran kan?

Di tangan Chef kelas dunia Julio Ortega, salad kaktus ini juga enggak kalah ciamik loh. Bahkan ia khusus loh bawa irisan kaktus asli Meksiko yang sebelumnya sudah dikeringkan. Rasanya sih mirip sama belimbing wuluh, asam menyegarkan!

"Salad kaktus khas Meksiko rasanya asam dan renyah. Biasanya kami tampilkan sebagai salad pembuka dengan beberapa tambahan lainnya seperti cincang cabai hijau, bawang, coriander stick, oregano, lemon jus, saus alpukat, feta cheese, onion powder serta garam dan meric," ujar Cjef Julio Ortega kepada BeritaBaik.

Ortega bercerita, sama seperti orang Indonesia yang suka olahan pedas dan asam, di Meksiko salad kaktus ini juga jadi incaran sebelum makan berat. Rasa asam dari kaktusnya, terasa makin kuat saat dicampurkan dengan cuka vinegar dan juga cincangan cabai hijau. Rasanya sedikit pedas tapi levelnya masih sangat wajar.

Baca Ini Juga Yuk: Enggak Suka Susu, Ini Makanan Tinggi Kalsium yang Mudah Ditemui

"Ada 30 jenis cabai khas Meksiko yang biasa digunakan dalam berbagai masakan. Jalapeno menjadi yang paling terkenal, tapi untuk salad ini menggunakan jenis cabai hijau besar atau kalau di Indonesia istilahnya cabai gendot," ungkapnya.

Nah sehabis menyantap Ensalada Nopales, cocoknya sih mengudap Tetela yang rasanya unik dan lezat. Kudapan ini menggunakan tepung jagung warna ungu yang diberi isian telur semut rangrang atau semut hitam.

"Telur semut ini cuma ada di Meksiko, rasanya gurih banget dan terasa sekali ciri khas proteinnya. Untuk isian Tetela, ditambahkan bawang bombay, air kaldu sapi, garam, merica dan saus tomat," rincinya.

Masih penasaran dengan hidangan lain? Yuk sambangi aja The Trans Luxury Hotel selama masa promonya. Mexican Food Promotion hadir cum dari 22 sampai 28 April 2019 saja loh.

Foto: The Trans Luxury Hotel

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler