Oleh-oleh Khas Boyolali yang Bisa Kamu Cicipi, Ada Keju Loh!

Boyolali - Setiap daerah memiliki makanan khas yang kerap dijadikan buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Bandung terkenal dengan peuyeumnya, Jogja dengan bakpia, serta Semarang dengan lumpianya.

Nah, Boyolali juga ternyata memiliki beragam makanan yang unik loh. Berikut ini daftar oleh-oleh khas Boyolali yang bisa kamu bawa pulang:

Marning
Marning adalah makanan yang terbuat dari butiran jagung kering yang digoreng menggunakan minyak panas. Marning memiliki beragam rasa mulai yang manis, asin, sampai pedas. Beberapa produsen malah mulai memproduksi marning dengan varian rasa berbeda, seperti barbeque, balado, kaju, dan lain-lain.

Keripik Ceker
Makanan ini berbahan dasar ceker ayam yang sudah dihilangkan tulangnya, jadi kulit dan bagian lainnya diolah menjadi makanan yang kini cukup diminati oleh banyak orang.

Keripik Paru
Hampir sama dengan keripik ceker, keripik ini berbahan dasar paru. Keripik paru menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Boyolali. Untuk menyantapnya, kamu bisa menikmatinya dengan nasi panas dan lauk pauk lainnya.

Mentho
Mentho merupakan jajanan khas Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari singkong yang memiliki perpaduan rasa kacang tolo dan kelapa. Untuk membelinya kamu bisa menemukan makanan ini di pasar tradisional atau pedagang gorengan tepi jalan.

Keju Boyolali
Bukan Eropa saja yang memiliki keju dengan cita rasa unik, keju dari Boyalali juga tak kalah dengan produsen-produsen keju di luar negeri. TemanBaik bisa mendapatkan Keju Meneer ini di daerah Selo, Boyolali.

Pembuat Keju Meneer adalah warga Belanda yang sudah menetap di Indonesia yang kemudian mengembangkan potensi susu sapi di daerah Selo. Keju Meneer namanya. Selain itu, ada juga Keju Indrakila yang terletak di pusat kota Boyolali.


Foto Mentho dari instagram @tarie_tarr

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler