Lelang hingga Barter Barang untuk Bantu Warga Terdampak Pandemi

Bandung - TemanBaik, #AksiBaik bisa dilakukan siapapun di tengah pandemi virus korona atau COVID-19 yang belum berakhir. Bahkan, barang bekas pun bisa jadi sarana untuk membantu orang lain, terutama warga terdampak COVID-19.

Di Bandung, aksi pengumpulan barang ini dilakukan Jaringan Kerja Gotong Royong melalui gerakan Solidaritas SosialBandung. Sejak beberapa waktu lalu, para anggota yang berasal dari berbagai komunitas ini membuat gerakan penerimaan barang. Siapapun bisa menyumbang apapun.

Hasilnya, ada yang menyumbang sepatu, pakaian layak pakai, bahakan makanan, hingga sembako. Hal yang menarik, barang-barang yang terkumpul kemudian akan dilelang. Hasilnya dipakai untuk kegiatan Solidaritas Sosial Bandung membantu warga terdampak COVID-19, salah satunya dapur umum.

"Yang ngasih bantuan ke kita enggak melulu harus berupa uang. Bisa berbagai macam," kata narahubung Jaringan Kerja Gotong Royong, Yana 'Jimmy' Suryana kepada BeritaBaik.id.

Baca Ini Juga Yuk: Jaringan Kerja Gotong Royong, Solidaritas Komunitas di Bandung

Khusus untuk sembako, bantuan yang datang akan diolah didapur umum. Sehingga, makanan siap saji bakal disebar ke berbagai titik di Kota Bandung, terutama kepada yang membutuhkan.

"Barang yang disumbangkan juga ada yang kita jadikan bahan barter. Misalnya kayak ada petani sayuran di Lembang, hasil panennya tidak laku, kita barter dengan pakaian dan itu banyak yang mau (dibarter dengan barang)," jelas Jimmy.

Sistem barter ini dirasa cukup membantu satu sama lain, terutama dengan petani yang hasil bertani atau berkebunnya tak laku. Minimal, hasil panen bisa tetap dimanfaatkan daripada dibuang. Di sisi lain, petani juga mendapatkan sesuatu.

Aksi ini pun masih akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan, terutama selama pandemi belum berakhir. Jika TemanBaik ingin menyumbang barang apapun yang kira-kira bernilai untuk dijual atau dibarter, kamu tinggal datang saja ke posko utama di LBH Bandung Jalan Bekalivron Nomor 15 Bandung.

Untuk nomor kontak, posko utama kamu bisa menghubungi Niki di nomor 0819-1551-1117. Kamu juga bisa menghubungi Jimmy sebagai narahubung melalui nomor 0813-9553-3105.

Foto: dok. Jaringan Kerja Gotong Royong
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler