Menikmati Kopi Sambil Belajar Bahasa Isyarat di Kopi Tuli, Yuk!

Bandung - Ada kedai kopi unik nih di Kota Depok dan Jakarta Selatan, namanya Koptul. Koptul adalah singkatan dari Kopi Tuli, sesuai namanya kedai kopi ini didirikan oleh tiga kawan tuli. Mereka adalah Mohammad Adhika Prakoso (28), Putri Sampaghita Trisnawinny Santoso (28) dan Tri Erwinsyah Putra (29).

Ide terciptanya Koptul berawal ketika Adhika dan Putri berdiskusi soal bisnis apa yang bagus untuk mereka kerjakan bersama. "Waktu itu Adhika hubungi aku dan menanyakan bisnis apa yang bagus. Aku bertanya balik ke Adhika, hobi kamu apa. Nah Adhika bilang kalau hobinya minum kopi," kenang Putri pada BeritaBaik lewat sambungan telepon, Selasa (14/05/2019).

Putri juga melihat peluang di industri kopi dan tercetuslah untuk membuat kedai kopi. "Dan aku melihat industri kopi lagi sangat bagus. Akhirnya kami mengajak Erwin juga bertemu di Pondok Indah, dan kami pun diskusi. Kemudian tercetuslah kata Koptul," terang Putri.

Kedai Koptul di Depok pun dibuka pada 12 Mei 2018, disusul kedai di Jakarta Selatan yang dibuka pada 14 Oktober 2018, keduanya hadir dengan tagline 'The Taste That Touch Your Heart'. Untuk menu, Koptul menyediakan beragam menu kopi yang menggoda, dengan nama-nama yang unik, seperti Matahari, Laut Biru, Marmer Hitam, Tanah Susu, Daun Susu, Kopi Awan, dan lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Belajar dan Kenal Lebih Dekat dengan Teman Tuli di ACT

Enggak hanya para co-founder yang disabilitas tuli loh, uniknya seluruh pekerjanya juga penyandang disabilitas tuli. Mulai dari kasir, barista sampai pelayanannya. Wah, menginspirasi sekali ya!

Selain itu, Koptul juga punya kegiatan seru. Mereka rutin menggelar kelas Bahasa Isyarat level 1 dan level 2. Level 1 dilaksanakan tiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Sementara untuk kelas level 2 digelar pada hari Selasa dan Kamis.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini baru digelar di Koptul Duren Tiga Depok, bagi TemanBaik yang mau ikutan kelas ini, kamu bisa melihat informasinya lewat Instagram @Pusbisindo. "Kegiatannya baru di Duren Tiga, karena ada rumah belajar di lantai 3. Di Depok, suasana lebih ke rumahan (kekeluargaan)," ujar Putri.

Putri berharap Koptul bisa semakin berkembang di Indonesia, bahkan internasional dan menjadi wadah bagi UKM disabilitas. "Semoga Koptul bisa berkembang di seluruh indonesia dan go international, semakin banyak pelaku-pelaku UKM disabilitas. Kami berharap agar masyarakat lebih ramah terhadap disabilitas dan mendukung lebih terhadap disabilitas di bidang apapun tanpa diskriminasi," harap Putri.

Nah, bagi TemanBaik yang tertarik ikut kelas atau sekadar mencoba aneka menu kopi yang unik, datang saja ke Koptul Jl. Krukut Raya No.70, Limo, Depok, buka dari pukul 14.00-21.00 dan tutup setiap hari Senin.

Sedangkan Koptul di Kindo Square A9, Duren Tiga, Jakarta Selatan, buka dari pukul 09.00 pagi sampai 21.00 dan tutup setiap hari Minggu. Untuk informasi terkini mengenai Koptul lainnya, jangan lupa follow Instagram mereka ya di @koptul.id

Foto: Instagram.com/koptul.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler