Malam Ini Bakal Ada Fenomena Langka Supermoon Loh!

Kuta - Tahu enggak TemanBaik, kalau Selasa (19/2) malam ini akan ada fenomena langka astronomi, yakni Supermoon? Fenomena Supermoon merupakan peristiwa ketika posisi bulan terdekat dengan Bumi, titik perigee yaitu 363.104 km. Fenomena ini juga biasa disebut dengan bulan purnama perigee.

Pada saat bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi, bulan akan tampak 30 persen lebih terang dari bulan purnama biasanya loh, TemanBaik. Hal ini juga membuat bulan terlihat sangat besar atau super.

Istilah Supermoon sendiri dipopulerkan oleh para astrolog. Supermoon juga terjadi lantaran bulan bergerak mengelilingi bumi dalam bentuk elips, bukan lingkaran.

Nah, TemanBaik, fenomena Supermoon malam ini akan terasa berbeda lantaran akan menjadi bulan purnama terbesar sepanjang tahun 2019. Di tahun 2019 sendiri ada tiga kali fenomena bulan purnama dalam satu tahun, yakni pada 31 Januari, 19 Februari, dan Maret 2019.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui rilis resminya di sosial media mengonfirmasi akan adanya Supermoon malam ini. Pihaknya menyebut fenomena Supermoon malam mini dengan istilah Super Snow Moon.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Fenomena Langit yang Diprediksi Bakal Terjadi di Tahun 2019

Berdasarkan penulusuran BeritaBaik, disebut sebagai Super Snow Moon karena Supermoon kali ini terjadi pada bulan Februari, yang beberapa bagian di dunia cuacanya sedang sangat dingin dan bersalju.

Terkait fenomena Supermoon malam nanti BMKG menghimbau masyarakat, terutama yang bermukim di tepi pantai untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut. Pasalnya fenomena Supermoon bisa memengaruhi pola pasang maksimum air lut.

Pola pasang maksimum air laut di Indonesia yang terpengaruh, terutama berada di wilayah pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Kata BMKG, pasang maksimum air laut ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. Selain itu, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan juga terganggu.

Puncak Supermoon malam nanti akan terjadi pukul 22.53 WIB. TemanBaik bisa melihat perbedaan Supermoon ini dengan menggunakan bantuan teropong atau teleskop.

Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler