Mengintip Taman Batu dan Display Fosil Gading Stegodon di ITB

Bandung - Institut Teknologi Bandung (ITB) hari ini meresmikan Taman Batu Geologi dan Display Fosil Gading Stegodon. Ini jadi salah satu sarana untuk pembelajaran mahasiswa sekaligus edukasi bagi masyarakat umum.

Taman Batu Geologi terletak di halaman Gedung Geologi ITB, Kota Bandung. Di sana dipajang berbagai macam batuan dari daerah Karangsambung, Jawa Tengah. Batu-batu itu merupakan contoh subduksi yang sudah mati dan menjadi fosil. Batu dengan ukuran sedang hingga tinggi lebih dari 1 meter terlihat dipajang di lokasi. Pada setiap batu dipasang keterangan nama batunya.

Sedangkan display Fosil Gading Stegodon terletak di lantai dua Gedung Geologi ITB. Di sana, TemanBaik bisa melihat dari dekat sepasang gading Stegodon trigonocephalus atau gajah purba berusia sekitar 1,5 juta tahun.


Gading itu memiliki panjang lurus dari ujung ke ujung sekitar 3,3 meter. Sedangkan panjang lengkungnya 3,6 meter. Gading Stegodon itu ditemukan Tim Laboratorium Paleontologi ITB beberapa bulan lalu di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Penemuan gading Stegodon di Majalengka ini adalah yang berukuran terbesar di Jawa Barat dan terlengkap (sepasang)," kata Kepala Lab Paleontologi ITB Jahdi Zaim.

Selain gading, di dekatnya juga dipajang fosil gigi Stegodon yang lebih dulu ditemukan pada 2005. Tapi, gigi dan gading itu diperkirakan berasal dari Stegodon yang berbeda.


Gading dan gigi itu bisa dilihat secara dekat. Tapi, ada pembatas yang menjadi area larangan pengunjung. Meski begitu, TemanBaik akan bisa melihat bagaimana detail dari gading dan gigi tersebut.

Siapapun yang penasaran bisa berkunjung ke lokasi. Harapannya, koleksi benda purba itu bisa memancing orang untuk lebih tertarik pada dunia geologi.

"Secara umum itu yang kita inginkan, kita ingin mengenalkan ini kepada masyarakat. Sehingga (keberadaan gading Stegodon) ini akan lebih menarik minat masyarakat untuk mempelajari geologi lebih dalam," ucap Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB Benyamin Sapiie.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler