Begini Bedanya Aktivitas Warga & Petugas SAR Saat Musim Libur

Bandung - Bagi masyarakat umum, musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru ini mungkin jadi momen untuk bersenang-senang. Mereka bisa berlibur ke tempat-tempat wisata atau tempat menarik lainnya. Tapi, hal berbeda justru dialami para petugas Badan Search and Rescue (SAR) Jabar. Mereka harus bertugas penuh selama 14 hari, terhitung hari ini hingga 2 Januari 2019.

Siang ini, para petugas itu pun melaksanakan apel kesiapsiagaan di halaman Kantor Badan SAR Jabar, Kabupaten Bandung. Setelah apel, para petugas langsung menjalankan tugas sesuai pembagian. Ada puluhan personel yang disiagakan selama musim liburan ini. Mereka diterjunkan ke berbagai lokasi yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

"Personel yang dikerahkan akan disebar di beberapa tempat, antara lain Pantai Santolo, Pangandaran, Bandara Husein Sastranegara, (Bandara) Kertajati, Pelabuhan Cirebon, Gunung Guntur, Papandayan, Tol Cipali, Cikampek, Purbaleunyi, dan beberapa tempat objek wisata," kata Kepala Badan SAR Jabar Deden Ridwansyah, Kamis (20/12/2018).

Ia pun sudah berpesan kepada para personelnya untuk bekerja sesuai tugas yang diberikan. Warga harus mendapatkan ketenangan dan kenyamanan. Bahkan saat terjadi hal yang tidak diinginkan, para personel harus jadi yang terdepan memberikan pertolongan.

"Sebagai insan SAR, kita harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan," jelas Deden.

Sementara selain menyiagakan personel, berbagai peralatan juga disiapkan. Sehingga, saat dibutuhkan, peralatan itu siap dipergunakan, di antaranya kapal rescue boat 01, rubber boat, rescue car, kendaraan operasional, serta peralatan SAR lainnya.

**foto by badan sar jabar
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler