Kemenperin Bakal Beri Award Desain Produk Industri, Ayo Bersaing!

Jakarta - Berupaya terus mendorong daya saing industri kecil supaya bisa bersaing di pasar global, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menggelar menyelenggarakan Indonesia Industrial Design (IID) Award pada tahun 2019 nanti.

Penghargaan ini nantinya ditujukan untuk terus mendorong industri kecil dan menengah (IKM) agar menerapkan standar produk, inovasi dan kreativitas penciptaan desain-desain terbaru. Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kementerian Perindustrian untuk produk, desainer dan klien yang berkontribusi dalam proses pemecahan masalah strategis.

"Penghargaan ini juga akan diberikan untuk produk-produk yang telah ada di pasar Indonesia dan menjadi citra khas produk industri Indonesia, serta penghargaan bagi tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia. IID Awar sendiri akan mencakup produk-produk dari lini industri start up, industri kecil, industri menengah, dan besar," ujar Gati dalam keterangan tertulis.

Baca Ini Juga Yuk: Studio Dapur, Berdayakan Perajin Bambu dari Desa

Sebelum sampai pada hari penghargaan diserahkan, mulai hari ini sampai Juli 2019 akan dilakukan sosialisasi mengenai IID Awards 2019. Tahap seleksinya sendiri akan dilakukan pada Juli mendatang sampai September 2019.

Gati menjelaskan bahwa akan ada 3 penghargaan dalam acara IID Awards 2019, yang nantinya akan diberikan untuk produk baru (maksimum produksi 3 tahun sebelumnya) dengan melalui proses penjurian yang terdiri dari IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3.

Selain akan menggelar IID Awards, akan ada pula penghargaan lainnya seperti IID Grand Awards, IID Mark, serta IID Lifetime Achievement.

Dengan hadirnya IID Awards ini diharapkan tidak hanya akan menjadi sebuah kegiatan saja, tapi bisa dijadikan sebagai gerakan yang mampu meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dan memiliki kualitas desain yang baik.


Foto: Dok. Kemenperin


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler