Kota Bandung Bikin Laman Khusus Potensi Bencana

Bandung - Pemkot Bandung melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) membuat laman khusus yang berisi potensi bencana di Kota Bandung. Laman itu bernama 'Sitaruna' yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Tata Ruang Berbasis Mitigasi Bencana.

Dengan laman itu, warga Kota Bandung nantinya bisa melihat potensi bencana apa saja yang memungkinkan terjadi di daerahnya. Mulai dari gempa bumi, banjir, longsor, dan bencana lainnya akan tersaji di laman tersebut.

Informasi soal tempat evakuasi dan jalur 'melarikan diri' dari bencana di masing-masing wilayah juga akan terangkum. Untuk mengaksesnya, anda bisa mengunjungi 'Sitaruna' di laman www.sitaruna.cityplan.id.

"Ini sudah bisa diakses meski masih protoype," kata Kasubid I Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) Bappelitbang Kota Bandung Andry Heru Santoso dalam kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

Laman tersebut dibuat dalam kurun dua bulan terakhir. Meski dengan keterbatasan SDM, tapi laman tersebut akhirnya diluncurkan hari ini.

Karena masih berupa prototype, masih ada beragam kendala yang dihadapi. Tapi, secara perlahan laman itu akan terus diperbaiki.

Berbagai informasi seputar kebencanaan pun akan terus diperbaharui. Sehingga, nantinya laman tersebut bisa jadi acuan bagi warga untuk mengetahui seputar potensi bencana di wilayah masing-masing.

Dengan begitu, warga akan lebih waspada dalam menghadapi bencana. Mereka juga diharapkan tahu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sebelum, saat terjadi, hingga setelah bencana melanda.

"Ini masih akan kita kembangkan lagi sekaligus lebih disosialisasikan juga kepada masyarakat (agar diakses)," ucap Andry.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler