Ini Proyek Berkesan Ridwan Kamil Selama Jabat Wali Kota Bandung

Bandung - Kota Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai wali kota sejak 2013 hingga kini menunjukkan progres luar biasa. Salah satu yang terlihat adalah banyaknya perbaikan infrastruktur.

Taman-taman kota kini bisa ditemui di berbagai titik di Kota Bandung. Jembatan Pelangi yang jadi penghubung Jalan Jakarta dan Terusan Jalan Jakarta juga berdiri gagah. Balai Kota Bandung pun jauh lebih cantik dan menarik untuk dikunjungi warga.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Emil tersebut juga banyak membuat inovasi. Para aparatur sipil negara (ASN) pun bekerja lebih maksimal. Bahkan, ia juga membuat berbagai terobosan, mulai dari e-budjeting hingga banyaknya aplikasi penunjang kinerja Pemkot Bandung.

Atas kinerjanya bersama ASN Pemkot Bandung dan seluruh pihak terkait, sebanyak 345 penghargaan diraih dari berbagai pihak dalam kurun lima tahun. Itu jelas jadi sebuah prestasi membanggakan.

Tapi, dari seluruh program dan pekerjaan yang dilakukan Emil, mana yang paling berkesan baginya secara pribadi? Ia pun dengan spontan menyebut Alun-alun Bandung.

"Alun-alun lah tetap (paling berkesan) karena dulunya tidak dikenal, tidak disukai, sekarang jadi referensi dunia. Tidak hanya se-Indonesia, tapi jadi referensi dunia," kata Emil di sela Ground Breaking Gelanggang Generasi Muda (GGM), Kota Bandung, Selasa (4/9/2018).

Seperti diketahui, sebelum direvitalisasi di era Emil, Alun-alun Bandung dikenal tidak menarik. Bahkan, Alun-alun Bandung cukup semrawut. Tapi, Emil menyulap Alun-alun Bandung menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi warga.

Area lapangan yang semula ditempati pedagang kaki lima (PKL) disulap dengan memasang rumput sintetis. Bahkan, jika dilihat dari atas, rumput sintetis itu memiliki motif dan warna yang menyejukkan mata.

Tidak hanya itu, kawasan sekitarnya juga ditata lebih apik. Kursi hingga dekorasi lainnya membuat area sekitar lebih menarik untuk didatangi. Bahkan, banyak warga dari luar Bandung yang sengaja datang untuk mengetahui Alun-alun Bandung dari dekat.

Pencapaian Emil dalam merombak Alun-alun Bandung pun banyak diacungi banyak pihak. Saat ia berkunjung ke luar negeri, banyak yang bertanya dan mengapresiasi soal Alun-alun Bandung.

"Saya kemarin ke Hawai, ke mana-mana, mereka mengapresiasi," ungkap Emil.

Selain Alun-alun, ia juga mengungkap program berikutnya yang sangat berkesan, yaitu Bandung Command Center (BCC) yang merupakan ruang kendali untuk mengontrol berbagai program. Dengan adanya BCC, berbagai program dan proyek yang dilakukan oleh Pemkot Bandung bisa berjalan maksimal.

Sementara di luar program-program yang ada, Emil mengaku sangat sedih harus menanggalkan jabatannya dalam waktu dekat. Meski secara jabatan ia meningkat, tapi hal meninggalkan jabatan saat ini tetap dirasakan sedih.

"Mengakhiri masa jabatan terus terang ya 70 persen sedih karena lima tahun tidak terasa, di kota yang saya cintai ini selesai tugas saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada warga yang mempercayai, lima tahun ini saya jatuh bangun mencoba memperbaiki kota ini, menyempurnakan," paparnya.

Tapi, ia mengakui tidak semua apa yang dilakukannya berjalan lancar. Ada berbagai kendala yang harus dihadapi. Meski begitu, ia menegaskan tidak menyimpan rasa penyesalan selama menjalani tugas sebagai orang nomor satu di Kota Bandung.

"Tidak semuanya selalu lancar ya, tapi tidak ada penyesalan karena tidak ada satu pun niat saya yang keliru, semua niat saya baik," tutur Emil.

Sementara setelah resmi menjabat sebagai gubernur nanti, Emil akan menempati Gedung Negara Pakuan sebagai rumah dinasnya. Di sela obrolan ringan, ia mengaku sudah mulai berkemas untuk persiapan pindah ke calon rumah dinas barunya.

"Sudah mulai dikardus-kardusin," ucapnya.

Disinggung barang apa yang secara khusus akan dibawa ke rumah dinas barunya, Emil mengatakan tidak ada yang spesifik. Ia hanya mengatakan akan membawa apa yang harus dibawa.

"Enggak ada sih (yang secara khusus harus dibawa), yang melekat aja," pungkas Emil.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler