Tabung Temuan UI Ini Bantu Kebutuhan Listrik Korban Gempa Lombok

Depok - Setelah melakukan pengiriman bantuan gelombang pertama, Universitas Indonesia (UI) kembali mengirimkan bantuan untuk korban bencana gempa Lombok. Dalam kegiatan ini, pihak UI yang diwakili oleh tim UI Peduli menyerahkan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) untuk membantu distribusi listrik bagi masyarakat di wilayah Lombok Utara.

TaLis adalah sebuah inovasi hasil penemuan Dosen Fakultas Teknik UI, Chairul Hudaya. Dengan adanya alat ini, distribusi listrik diharapkan bisa dilakukan dengan mudah tanpa bergantung dari kabel dan transmisi pembangkit tenaga listrik.

Titik pengiriman bantuan dari tim UI Peduli ditargetkan ke daerah Desa Bayan dan KRI Soeharso yang terletak di Pelabuhan Bayan. Tidak hanya TaLis, UI juga memberikan bantuan medis, logistik, pelayanan psikososial, serta pengecekan kelayakan kondisi bangunan di lokasi.

Baca juga: ITB Pasang 13 Seismometer Pantau Gempa Susulan di NTB

Rencananya, bantuan akan dikirimkan melalui beberapa gelombang. Tim UI Peduli nantinya akan bergabung dengan Tim PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) cabang Lombok.

Program yang telah berjalan dari tahun 2011 ini telah menurunkan timnya ke berbagai daerah bencana di Indonesia, seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun bencana meletusnya gunung merapi di Bali.

Program ini dijadikan sebagai bentuk kontribusi nyata UI dalam merespon permasalahan yang dialami oleh masyarakat yang terkena bencana. "Yang berbeda dari pelaksanaan UI Peduli kali ini adalah skalanya yang lebih besar. Tim yang diturunkan sebagian besar adalah dokter spesialis dari UI, bukan hanya mahasiswa. Semua unsur dilibatkan," ungkap Tine, Kasubdit Pengabdian Masyarakat dan Komersialisasi Riset di website ui.ac.id.

Adapun tim yang terlibat di antaranya 20 dokter spesialis, empat perawat, enam ahli kesehatan, lima psikolog, empat relawan dari ahli sipil, dan 50 relawan dari UI Peduli.


Foto: ui.ac.id


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler