• Minggu, 2 Oktober 2022

Rayakan Record Store Day 2022, Pablo Cikaso Rilis Piringan Hitam 7 Inci 

- Minggu, 24 April 2022 | 15:07 WIB
 (dok. Pablo Cikaso/Demajors)
(dok. Pablo Cikaso/Demajors)

Berbarengan dengan gelaran Record Store Day 2022, Pablo Cikaso merlis "Konservatif" dan "Bersandar" dalam format piringan hitam 7 inci. Perilisan tersebut juga menandakan lanjutan kerja samanya dengan label rekaman Demajors (23/0422)

Sebelumnya, di pertengahan 2021 Pablo Cikaso terlebih dahulu merilis "Konservatif" dan "Bersandar" di berbagai platform streaming digital. Perilisan piringan hitam tersebut akan dilakukan di ajang Record Store Day pada 23-24 April 2022, yang secara serentak dilaksanakan di Jakarta, Bogor, dan Bali.

Selain di ketiga acara Record Store Day tersebut, piringan hitam 7 inci Pablo Cikaso juga akan tersedia secara daring melalui situs web demajors.com dan jaringan edar demajors. Format piringan hitam ini hanya dicetak sebanyak 300 kopi saja.

"Piringan hitam singel Pablo Cikaso itu hanya dicetak sebanyak 300 kopi, amat terbatas, dan hanya disediakan 30 kopi di tiap acara Record Store Day di Jakarta, Bogor dan Bali. Diharapkan para penggemar karya Pablo, penyuka dan kolektor rekaman musik, hingga para disc jockey atau selector dapat segera bergegas untuk mendapatkannya," ujar David Tarigan dari divisi A&R label rekaman demajors.

Baca Juga: Puisi Cinta Reality Club dalam Single Terbaru 'Anything You Want'

Dalam keteragan resminya, David juga menjelaskan jika Demajors merilis Pabli Cikaso ini karena keunikannya yang mewakili jaman dengan estetika khas internet culture. Selain itu, perilisan ini adalah latihan praktik nyata HAKI dan royalti. Mengingat lagu "Konservatif" sendiri aslinya adalah milik The Adams dan "Bersandar" adalah lagu milik White Shoes and The Couples Company.

"Kami di demajors terpikat dengan paket unik yang ditawarkan entitas Pablo Cikaso, estetika khas seni internet yang dia bangun, selain tentunya musiknya yang memang menarik, mewakili jaman, juga sekalian menjadi latihan praktik HAKI jaman sekarang, 'meresmikan' kegiatan membagi karya yang secara alami tumbuh di media sosial," tambah David.

(dok. Pablo Cikaso/Demajors)

"Lagu milik The Adams dan White Shoes & The Couples Company tersebut pada awalnya saya rekam secara iseng-iseng, karena dulu saya memang tumbuh besar bersama lagu-lagu itu. Seiring dengan eksplorasi saya akan bunyi-bunyian serta budaya populer era ’80-an, keluarlah terjemahan sedemikian rupa, Lalu seperti biasa kemudian saya bagikan lewat YouTube," jelas Raka Surya, sosok tunggal dibalik entitas Pablo Cikaso.

Dalam kesempatan lainnya, Saleh Husein selaku gitaris dan vokalis The Adams menuturkan jika "Konservatif" versi gubahan
city pop dari Pablo Cikaso adalah hal yang menarik.  

"Tidak pernah terbayang sebelumnya lagu Konservatif digubah dengan gaya city pop  80-an itu jadi menarik," ujar Saleh atau yang akrab disapa Ale.

"Pablo Cikaso memberikan tawaran mood yang berbeda, kreatif memaknai musiknya, dan bisa didengar dalam kondisi apapun," tutupnya.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X