• Minggu, 2 Oktober 2022

Setelah 20 Tahun, Anoa Records Rilis Ulang 'Romantic Purple' dalam Format EP

- Rabu, 6 April 2022 | 15:18 WIB
 (dok. Themilo-Anoa Records)
(dok. Themilo-Anoa Records)

Dalam perayaan 20 tahun single ikonik dari Themilo, 'Romantic Purple', Anoa Records merilisnya dalam versi mini album bertajuk 'Romantic Purple EP' dalam format digital dan kaset. Di dalamnya, 4 buah lagu ikonik tersebut hadir denganversi yang berbeda. (02/04/22)

'Romantic Purpler EP' ini berisikan demo version, kemudian remix oleh Homogenic, hingga versi live yang berbeda aransemennya. Lagu 'Romantic Purple' bisa jadi salah satu lagu yang mungkin paling melekat di memori pendengar Themilo.

Bagi Ajie Gergaji sendiri, lagu ‘Romantic Purple’ menjadi jejak awal bagi Themilo dalam menyusuri karakter sonik mereka. Bahkan ia masih ingat, lagu versi demonya direkam di kamar pribadinya di Geger Kalong, Bandung. Semua instrumen direkam dikamarnya, dan drum digambar memakai program di komputernya.

(dok. Themilo-Anoa Records)


Inspirasi lirik lagu ini berangkat dari pengalaman personal Ajie yang bertalian dengan hubungan jarak jauh dengan orang terdekatnya.

"Yah, masa pencarian jati diri dan juga sedang dalam fase cinta cintaan. Ngecengin cewek yang jauh dari kota tempat tinggal," ungkap Ajie dalam keterangan resminya.

Ditanya alasannya memberikan judul lagu tersebut ‘Romantic Purple’, Ajie menjawab apa adanya "Inspirasinya dari lampu UV (Ultra Violet) di kamar saya, warna cahayanya UV itu kan Purple. Itu saja sih, sederhana yah, tapi malah jadi lebih personal.".

'Romantic Purple' saat album 'Let Me Begin' dirilis turut dibuatkan video musiknya. Suki, mantan bassis Themilo yang kini menjadi gitaris band indie rock Sugarsting, masih mengingat proses produksi video klip tersebut. Mereka dikontak oleh para mahasiswa UI ketika itu, Yosa dan Iba Bajumi. "Mereka ingin bikin video klip Romantic Purple, yah kita oke saja," kata Suki.

Baca Juga: Cerita Rasyiqa tentang Kisah Si Gadis Ceroboh dalam 'Get Up (Get Out!)'

Tapi hal paling teringat oleh Suki adalah betapa lamanya mereka harus menunggu syutinguntuk dimulai. Seharian syuting di area kampus UI di tengah hari.

"Dulu tuh kita nunggu lama banget, nggak tau kenapa penyebabnya, apa karena pertama kali terlibat di produksi, atau memang crew produksinya masih baru. Tapi seru sih,” tambahnya.

Selepas syuting, mereka menginap di rumah Iba Bajumi, dan kemudian pulang ke Bandung. Videoklip ini sendiri cukup sering tayang di MTV Indonesia ketika itu. Lagu ini juga di-remix oleh Homogenic dan masuk dalam album kompilasi 'b-sides and remixes Themilo', serta 'Wasted Parts'. 

Sementara itu, Mufti Priyanka (Amenkcoy) kembali bekerjasama dengan Themilo untuk pengerjaan ilustrasi sampul album. Sebelumnya, ia mengerjakan ilustrasi untuk album 'Wasted Parts'.

Kali ini Ia juga menceritakan kesannya terhadap lagu ini dalam sebuah liner notes bertajuk 'Megahnya Spektrum Warna Ungu yang Binal Dalam Romantic Purple'. 

Dalam liner notes-nya ia menuturkan "Romantic Purple ialah teman sejati dalam kegelapan rasa cinta nan murni ketika terbakar wahana gelora bara lara dikala kesepian bagian dari gama kehidupan.  Hampir 20 tahun single 'Romantic Purple' tercipta, membekas terlalu dalam, hingga menjadi marka pada sebuah momentum yang selalu diingat sampai kapan pun."

'Romantic Purple' adalah jejak eksplorasi musik Themilo, yang kelak berujung pada album kedua 'Photograph' yang dreampop. "Lagu ini bisa disebut sebagai jembatan menuju eksplorasi musik kami ketika itu, dan kemudian bermuara di 'Photograph'," tutup Ajie.

Versi digital dari EP ini sudah dapat kamu nikmati melalui layanan streaming digital yang ada, dan versi fisik berupa kasetnya dapat kamu dapatkan melalui Instagram @anoarecords

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X