• Minggu, 2 Oktober 2022

Sempat Tertunda Karena Pandemi, Tahun Ini W:O:A Metal Battle Indonesia Kembali Digelar

- Jumat, 18 Maret 2022 | 10:52 WIB
 (dok. WMBI/DjarumCokelatDotCom)
(dok. WMBI/DjarumCokelatDotCom)

 

Tampil di Wacken Open Air (W:O:A) Jerman yang merupakan festival heavy metal terbesar di dunia adalah impian bagi metalhead di manapun. Sejak tahun 2003 lalu, W:O:A menyelenggarakan sub-program Wacken Metal Battle di setiap negara, di mana para pemenang Wacken Metal Battle akan mendapat tiket untuk manggung di WOA.

Berita baiknya, terutama  untuk kamu yang punya band beraliran musik ekstrem di Indonesia. Setelah sempat tertunda di tahun 2020 karena pandemi,  'W:O:A  Metal Battle Indonesia' kembali dilaksanakan. Informasi tersebut dikonfirmasi melalui rilis resmi yang diterima oleh beritabaik.id

Pihak Wacken Open Air, Jerman kembali memberikan lampu hijau dan lisensi untuk menggarap W:O:A Metal Battle Indonesia. Sebelumnya, ‘W:O:A Metal Battle Indonesia’ sempat mengirimkan tiga perwakilannya selama tiga tahun berturut turut.

Setelah proses seleksi yang ketat dan menyisihkan ratusan band dari berbagai kota di Indonesia, Beside asal Bandung (2017), Down for Life asal Solo (2018)  dan Taring  asal Bandung  (2019) terpilih untuk mewakili Indonesia. 

Diselenggarakannya kembali  W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 ini bertujuan untuk menghidupkan bara yang sempat padam, terutama di kalangan musik ekstrem.  W:O:A Metal Battle Indonesia diharapkan bisa menjadi wadah untuk menampung karya dan semangat yang terus dipelihara para pelaku musik cadas.

Gelaran ini penting demi untuk mempertahankan posisi Indonesia, terutama di mata penyelenggara Wacken Open Air yang menilai bahwa Indonesia adalah peserta dengan antusiasme yang sangat tinggi dengan segudang talenta menjanjikan yang belum tersorot secara layak di mata internasional. 

Dalam penyelenggaraannya, DjarumCoklatDotCom (DCDC), ATAP Promotions dan The Metal Rebel (Swedia) kembali melanjutkan kerjasama yang terjalin sejak 2017 untuk melaksanakan kompetisi ini, di bawah panji DCDC DreamWorld.

DCDC DreamWorld  merupakan program spesial dari DCDC yang konsisten mendukung musisi atau band  tanah air untuk melakukan penetrasi ke kancah internasional. DCDC mencoba mengambil  peran untuk turut membukakan mata dunia mengenai potensi pelaku musik tanah air,  memperluas jejaring, melebarkan pintu ke pasar musik global dan berdampak pada proses regenerasi yang semakin sehat. 

Konsep yang diangkat tahun ini adalah memperkenalkan musik ekstrem yang kuat dengan karakter ke-Indonesiaan, yang kemudian disebut dengan “Metal Indonesia”. Definisi metal Indonesia bisa mengacu pada kolaborasi antara musik  metal dengan unsur budaya lokal, baik dari segi musik, kostum, instalasi, aksi panggung dan lainnya.

Baca Juga: Bakar Bufthaim, Drummer Band Thrash Metal Legendaris Rotor Tutup Usia

Memberikan sebuah sajian yang hanya bisa ditemukan di band yang berasal dari  Indonesia jadi strategi yang coba ditempuh tahun ini, untuk sesuatu yang berbeda dan spesial. Materi yang berkualitas dan performa prima saja ternyata tidak cukup. Dengan  strategi ini, diharapkan Indonesia bisa merebut gelar juara.

Band-band dipersilakan untuk mengembangkan tema ini , terutama di panggung final.  Menangkap potensi band-band akan menjadi tugas utama para juri, yang terdiri dari lima  orang juri utama—tiga orang juri lokal dan dua orang juri internasional. Mereka adalah  tokoh-tokoh kredibel dan ahli di berbagai bidang terkait musik. Nama-nama juri akan  diumumkan di waktu mendatang.

Penyelenggaraan W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 dimulai dari sesi pendaftaran yang  dilaksanakan secara daring melalui situs W:O:A Metal Battle Indonesia 2022, pada 15 Maret  2022–30 April 2022.

Setiap calon peserta diwajibkan mengisi formulir berisi informasi dasar seputar band, mengunggah tiga buah lagu, menyertakan tautan berisi video live  performance dan mengisi kelengkapan administratif lainnya. 

Seluruh kandidat yang sudah diverifikasi akan melewati beberapa proses penjurian sebelum  dikerucutkan ke 15 besar lalu ke 5 besar. Mereka yang terpilih dalam 5 besar akan tampil secara langsung di hadapan para juri di acara Final Show pada bulan Mei mendatang. 

Satu band terpilih akan melalui proses workshop dengan melibatkan mentor yang ditunjuk,  juga mengurus berbagai hal administratif terkait keberangkatan ke Jerman yang seluruhnya  difasilitasi oleh DCDC. Band terpilih dan tim akan terbang ke Jerman pada awal Agustus. 

W:O:A Metal Battle Indonesia 2022 diharapkan bisa memberi dampak positif untuk  dinamika musik tanah air pada umumnya. Juga, diharapkan konsep yang diusung tahun ini  bisa menawarkan definisi baru terkait "metal Indonesia" yang selama ini masih sulit untuk  diuraikan. 

 

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X