• Minggu, 25 September 2022

'Melawan Masa', Debut Album Perdana Unit Groove Metal Tibiast

- Selasa, 15 Maret 2022 | 12:18 WIB
 (dok. Tibiast )
(dok. Tibiast )

Unit groove metal asal Bandung, Tibiast, baru saja merilis debut album penuhnya bertajuk 'Melawan Masa' yang dirilis oleh Grimloc Records. Perilisan album tersebut ditandai dengan sesi dengar untuk media yang menghadirkan para personel dan kolaborator dalam album tersebut  di Tipsy Panda, jalan Sumatera, Bandung. Senin (14/03/22)

Tibiast adalah Radit pada vokal, Rafly dan Uca mengisi departemen gitar, Kiming (Powerpunk) pada bas, dan Fikry (Terapiurine, Eyesun) mengisi posisi drum. Meski baru terbentuk pada September 2019 lalu, namun beberapa nama di dalamnya bukan sosok asing di liga musik kota kembang.

Baca Juga: 'Riddles', Kolaborasi Andreas Arianto dengan Duo SCALLER


Album 'Melawan Masa' ini terdiri dari 11 trek yang di dalamnya banyak melibatkan para kolaborator. Ada pun beberapa kolaborator tersebut yakni Popo Puji (Demons Damn), Bobby (Turbidity), Extreme Vocal Alliance, Budi Dalton, Soulkillaz dan Mindfreeza (Eyefeelsix), Lord Butche (The Cruel), Sendy dan Fariz (Parahyena), Harry Koi (UTBBYS), hingga Lucky (Lucas and Sons) dan banyak lagi.

Judul album 'Melawan Masa' menurut merka mewakili sikap perlawanan band terhadap permasalahan manusia secara global. Sikap itu juga diiringi perubahan pola pikir dari posisi "bertahan" menjadi "melawan" untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Pengerjaan artwork sampul album ini digarap apik oleh seniman Anzi Matta

Dalam catatannya, Grimloc Records menyebutkan jika Tibiast adalah "revivalis" dari groove metal era 90an. Pada saat sesi dengar, hampir dari ke 11 materi mereka begitu kental nuansa Sepultura dan Machine Head. Terutama pada pola drum yang khas. Agresi hardcore metal yang groovy namun tetap thrashy disaat yang bersamaan. Hal tersebut juga diamini oleh para personel.

"Musik kami banyak dipengaruhi band-band seperti Sepultura, Slipknot, dan Soulfly," kata Radit.

Pemilihan nuansa musik groove metal 90an tersebut bukan tanpa alasan. Mereka ingin membawa para pendengarnya flashback saat mendengarkan album ini.

Sebelumnya, pada Desember 2021 mereka telah merilis terlebih dahulu video musik dari 'Bad Scocial'. Pada 11 maret lalu, mereka juga merilis single kedua mereka sekaligus musik video 'Melawan Masa'. Mereka juga masuk dalam kompilasi 'New Evidence' dari Grimloc Records dengan mengirim lagu baru berjudul 'Nyali 0 Derajat' yang mereka rekam secara live.

Selain mengangkat kritik sosial, Tibiast punya kepedulian ke persoalan lingkungan. Sebanyak empat lagu diantaranya merupakan cerita kerusakan lingkungan yang dihadapi masa kini.

Saat ini album 'Menantang Masa' dapat dinikmati dalam format fisik berupa compact disk yang bisa kamu dapatkan melalui Grimloc Records.   

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X