• Minggu, 2 Oktober 2022

Sajikan Konsep Baru, JogjaROCKarta 2022 Kembali Digelar September Mendatang

- Minggu, 6 Maret 2022 | 12:03 WIB
 (dok.Rajawali Indonesia)
(dok.Rajawali Indonesia)

Setelah 2 tahun absen, festival musik JogjaROCKarta akan kembali digelar pada 24 dan 25 September 2022 mendatang. Festival musik tahunan ini bakal digelar di Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Digelarnya JogjaROCKarta 2022 untuk menggerakan kembali industri musik Tanah Air yang sempat lesu lantaran pandemi COVID-19.

Dalam pelaksanaannya kali ini, salah satu festival musik cadas terbesar di Indonesia ini akan menghadirkan konsep festival drive in dengan mengusung konsep 'Rock on Jeep'. Konsep yang unik dan berbeda ini akan melibatkan setidaknya 500 mobil jeep dengan menggandeng komunitas di Yogyakarta.

"Konsep ini mengadaptasi kebiasaan baru untuk menonton konser secara offline, terutama festival musik rock yang belum memungkinkan untuk berkerumun secara utuh. Nantinya para penonton JogjaROCKarta akan mendapatkan experience menaiki Jeep dari Tebing Breksi menuju Lanud Gading Wonosari untuk menikmati aksi panggung seluruh penampil JogjaROCKarta dari atas Jeep secara langsung hingga nantinya kembali lagi di Tebing Breksi," kata Anas Syahrul Alimi, founder Rajawali Indonesia & CEO JogjaROCKartaFestival dalam jumpa pers daring, Jumat (4/3/22).

Baca Juga: Mempertanyakan Diri Sendiri, SORE Rilis Single Terbaru 'Rosa'

Konsep 'Rock on Jeep' ini suguhkan pengalaman baru bagi para penonton, selain bisa menjaga jarak, penonton juga akan mendapatkan sensasi baru menyaksikan musik rock di atas mobil jeep.

Untuk line up acara sendiri, Anas mengatakan bahwa panggung JogjaROCKartaFestival 2022 ini akan  didominasi oleh band-band Indonesia. Tahun ini menjadi momentum band Indonesia untuk unjuk gigi. Pada tahun ini tidak ada penampilan dari band mancanegara.

"Tahun ini kami memberikan panggung kepada band-band asal Indonesia. Sebagian besar yang main di JogjaROCKarta band-band yang pernah tur di luar negeri," kata Anas.

Adapun beberapa band yang sudah dipastikan bakal tampil di JogjaROCKartaFestival 2022, di antaranya Burgerkill, Dead Squad, Superman is Dead, Serigala Malam, The Hydrant, Jamrud, Edane, Seringai, Death Vomit dan masih banyak lagi.

Lokasi penyelenggaraan JogjaROCKarta 2022 mendatang akan berpindah tempat dari Stadion Kridosono menjadi di Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Yogyakarta. Adapun alasan pihak JogjaROCKarta memindahkan tempat tersebut lantaran mengadaptasi konsep 'Rock on Jeep' yang membutuhkan lokasi yang cukup besar.

Di Yogyakarta sediri cukup sulit menemukan lokasi acara yang besar dan dapat menampung jumlah mobil yang cukup banyak.

"Kenapa pindah ke Lanud Gading Wonosari, kami ingin merespons konsep tadi dari awal. Konsep 'Rock on Jeep' itu bisa menampung sekitar 500 (mobil) jeep, dan di Yogya cukup sulit menemukan venue yang lega," tutup Ahmad Sobirin yang merupakan Project Manager JogjaROCKarta Festival.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X