• Rabu, 17 Agustus 2022

SEA Games 2021 Berakhir, Basket Putra Indonesia Catat Sejarah

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:19 WIB
Timnas basket putra Indonesia mencetak sejarah pertama kalinya meraih medali emas SEA Games.  (Instagram)
Timnas basket putra Indonesia mencetak sejarah pertama kalinya meraih medali emas SEA Games. (Instagram)

Ajang olahraga SEA Games 2021 berakhir. Seluruh cabang olahraga (cabor) SEA Games 2021 pun telah dipertandingkan.

Salah satu momen menarik dalam SEA Games 2021 adalah saat tim basket putra Indonesia berhasil mencatat sejarah dengan mendulang emas untuk pertama kalinya.

Di final, tim basket putra Indonesia mengalahkan Filipina, negara yang 13 kali berturut-turut merajai cabang olahraga ini di SEA Games. Tim asuhan Milos Pejic itu unggul 85-81.

Nomor basket putra pada SEA Games selama ini memang dikuasai Filipina. Sebelum ini, Filipina bahkan menjadi juara dalam 13 edisi beruntun sejak 1991.

Chef de Mission Indonesia, Ferry J Kono, pun menyebut keberhasilan timnas basket menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Makin Kokoh di Posisi 3 Klasemen Medali SEA Games 2021

"Timnas Basket Indonesia membuat sejarah besar dengan untuk kali pertama mengalahkan Filipina sejak basket dipertandingkan di SEA Games pada 1977," kata Ferry.

Dulu, kata Ferry, Timnas Indonesia pernah mengalahkan Filipina tapi ajang SEABA Cup tahun 1996 di Surabaya. Saat ini, kata dia, momen itu terjadi lagi tapi di multievent SEA Games.

"Ini sejarah besar bagi kita, tak hanya di basket, namun juga bagi bangsa Indonesia," tambahnya.

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 pemain. Mereka masing-masing Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, dan Darmar Grahita Abraham (C).

Kemudian, Prastawa Dhyaksa Andakara, Saputera Yudha, Rivaldi Rosasih Vincent, Terrel Bolden Marques, Yeshe Goantara Agassi, Diagne Dame, Dikania Wisnu Arki

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prediksi Line Up Persib Bandung VS Bali United

Minggu, 12 Juni 2022 | 16:18 WIB
X