• Minggu, 2 Oktober 2022

Serunya Berburu Piringan Hitam di Acara 'Vinyl Week'

- Senin, 25 Oktober 2021 | 12:20 WIB





TemanBaik, ada acara seru buat kamu penggemar rilisan fisik piringan hitam dan kaset. Digelar di Ruang Putih Bandung, acara bertajuk 'Vinyl Week' ini menampilkan lebih dari 500 koleksi vinyl dari musisi lokal maupun mancanegara.

Acara ini diinisiasi berbagai kalangan penikmat piringan hitam di Kota Bandung. Sejak dibuka 21 Oktober 2021, ratusan pengunjung sudah mampir bergiliran ke acara ini. Mereka datang dari berbagai kalangan dan didominasi kaum muda penggemar piringan hitam.

Saat ngobrol dengan kami, Rainy Arjakusumah selaku inisiator acara 'Vinyl Week' menceritakan pengalaman perdananya membuat bazar piringan hitam. Ia tak menyangka acara ini mendapat respons begitu positif. Sebab, awalnya Vinyl Week terselenggara karena obrolan santai bersama panitia acara lainnya. Sehingga, ia tak memiliki ekspektasi tinggi terhadap acara ini.

"Ini merupakan pengalaman pertama (membuat bazar vinyl) dan banyak hal yang enggak saya duga sebetulnya," ujar Rainy di Bandung, Minggu (24/10/2021).

Baca Ini Juga Yuk: Begini Cara Merawat Koleksi Rilisan Fisik

-

Ratusan koleksi piringan hitam ini dibanderol mulai Rp100 ribu sampai Rp1,5 juta. Harga sendiri bergantung pada tingkat kelangkaannya. Artinya, semakin langka satu unit piringan hitam, harganya bisa selangit.

Menariknya, Rainy menyebut, justru piringan dengan harga tinggi yang lebih banyak terjual. Ia menyebut ini sebagai fenomena aneh, tapi seru. Oh ya, di 'Vinyl Week' sendiri, unit piringan hitam yang dijual merupakan koleksi pribadi Rainy dengan varian musisi Indonesia dan mancanegara dari berbagai aliran musik. Dari mulai piringan Benyamin Sueb sampai Led Zeppelin, semuanya ada di sini.

"Iya, terjual sih memang sampai hari keempat ini di angka 20 lebih, tapi itu yang harganya tinggi semua. Mungkin karena barangnya collectable sih ya," terangnya.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X