• Minggu, 2 Oktober 2022

'Lagu Baru dari Masa Lalu', Kolaborasi Musisi Indonesia Masa Kini

- Kamis, 17 Juni 2021 | 15:00 WIB

TemanBaik, sejumlah musisi Indonesia berkolaborasi membawakan ulang tembang lawas dekade '70 hingga '80-an. Kolaborasi tersebut dibungkus apik dalam mini album 'Lagu Baru dari Masa Lalu'.

'Lagu Baru dari Masa Lalu' ini merupakan kolaborasi antara MLDSPOT dan Yayasan Irama Nusantara. Menampilkan musik city pop, kita seolah dibawa ke masa 70 hingga 80-an oleh sejumlah musisi Indonesia masa kini mulai dari Andien, Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan jawara MLDJAZZPROJECT musim perdana, Adoria.

Ada lima lagu dalam mini album tersebut, mulai dari 'Walau dalam Mimpi' (dulu dipopulerkan oleh Ermy Kulit, kini oleh Dhira Bongs), 'Senja dan Kahlua' (dulu dipopulerkan oleh grup musik Transs, kini oleh Kurosuke), 'Terbanglah Lepas' (kepunyaan Yockie Suryoprayogo yang kini dinyanyikan ulang oleh sang buah hati yakni Aya Anjani bersama Parlemen Pop),  'Dunia yang Ternoda' (Jimmie Manopo, kini dibawakan oleh Vira Talisa bersama Adoria), serta 'Kisah Insani' (Vina Panduwinata & Chrisye, yang kini dibawakan ulang oleh Mondo Gascaro bersama Andien).

Goardan Saragih selaku Perwakilan MLDSPOT menuturkan bahwa mini album 'Lagu Baru dari Masa Lalu Volume 1' merupakan upaya nyata dari MLDSPOT dan Irama Nusantara guna melestarikan dan mempopulerkan kembali lagu-lagu legendaris yang pernah berjaya di Indonesia. Peluncuran mini album ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memberi apresiasi terhadap pencipta musik lawas, memperkuat ekosistem, memperkaya khazanah musik yang ada di Tanah Air serta menginspirasi para pecinta musik di Indonesia.

-

Baca Ini Juga Yuk: 'Trilogy', Karya Gergasi Api Sebelum Kolaborasi Internasional

"Kami sangat bangga bisa ambil bagian dalam upaya melestarikan serta mempopulerkan kembali karya-karya musisi legendaris Indonesia. Hal ini bisa menjadi pesan bagi generasi yang lebih muda bahwa Indonesia memiliki warisan musik yang sangat banyak dan juga dapat menjadi referensi untuk menciptakan karya berkualitas di masa mendatang. Ke depannya, kami juga berharap dapat bekerjasama dengan berbagai pihak demi turut menginspirasi dunia musik Indonesia," ujar Goardan lewat keterangan resminya.

Kolaborasi MLDSPOT dengan Irama Nusantara juga tidak lepas dari rekam jejak Irama Nusantara sebagai lembaga nirlaba yang konsisten melakukan pengarsipan digital rilisan musik populer Indonesia sejak yayasan ini berdiri pada tahun 2013. Irama Nusantara memiliki impian bahwa data-data digital musik legendaris Indonesia kelak dapat diapresiasi dan diselebrasi oleh generasi yang lebih muda. Mimpi ini akhirnya diwujudkan bersama MLDSPOT dalam bentuk mini album.

"Irama Nusantara membuka ruang untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi dalam hal mengolah arsip digital musik populer yang kami miliki. Bersama MLDSPOT tercetuslah ide membuat rilisan dalam bentuk mini album yang nantinya bisa menjadi upaya berkesinambungan dalam melestarikan musik-musik Indonesia yang berasal dari masa lalu. Rilisan ini akan memberikan dampak nyata, bukan hanya terhadap operasional Irama Nusantara tapi juga berbagai entitas musik yang terlibat di dalamnya," tutur Gerry Apriryan selaku Program Manager of Irama Nusantara Irama Nusantara.

Tema Indonesian City Pop yang diusung dalam mini album ini berkaca dari temuan di berbagai layanan pemutar musik digital yang sejak beberapa tahun terakhir menunjukkan adanya fenomena bahwa pecinta musik di Indonesia sering memutar lagu-lagu yang diklasifikasikan sebagai 'Indonesian City Pop' yang berisi lagu-lagu populer Indonesia dari akhir era 1970-an hingga paruh awal 1980-an. Fenomena ini yang diangkat oleh MLDSPOT dan Irama Nusantara dalam memilih lima lagu andalan yang merepresentasikan gaya musik di era tersebut lalu diaransemen ulang dan dibawakan kembali oleh generasi muda yang memiliki musikalitas yang sesuai.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Terkini

3 Pemuda Berbahaya Rilis Single 'Bandar Minyak Tanah'

Jumat, 30 September 2022 | 11:24 WIB

Dhira Bongs Sapa Kembali Penggemar lewat Album Ketiganya

Kamis, 29 September 2022 | 06:40 WIB

Siap-siap, Tahun ini 'Rock in Solo' Kembali Menggelegar!

Minggu, 18 September 2022 | 17:25 WIB

'To Be King', Gebrakan Baru SUR! dengan Formasi Segar

Jumat, 9 September 2022 | 20:45 WIB

15 Tahun Hiatus, The Sastro Siap Kembali Ber'Lari 100'

Jumat, 2 September 2022 | 11:36 WIB
X