• Rabu, 30 November 2022

Mengenal Getuk Tak Biasa dari Banyumas

- Sabtu, 19 Juni 2021 | 09:40 WIB





Bicara soal kuliner, Indonesia seolah tak pernah ada habisnya. Selalu ada yang menarik untuk diulas, salah satunya getuk.

Getuk adalah makanan tradisional berbahan baku singkong yang rasanya manis. Getuk umumnya dikategorikan sebagai makanan basah karena enggak bisa lama-lama disimpan. Jadi, jika kami membeli getuk, sebaiknya segera dihabiskan karena mudah basi.

Namun, tahu enggak ternyata ada getuk tak biasa di Banyumas, Jawa Tengah? Getuk ini tak dikategorikan sebagai makanan basah karena digoreng dulu sebelum disajikan. Namanya getuk goreng Sokaraja.

Sokaraja sendiri adalah nama salah satu kawasan di Banyumas. Di daerah ini, sebenarnya ada banyak makanan khas. Namun, getuk goreng Sukaraja jadi salah satu makanan yang legendaris di sana.

Getuk goreng Sokaraja ini berwarna coklat. Rasanya berpadu antara manis, gurih, dan legit. Rasa ini didapatkan dari perpaduan singkong dan gula kelapa.

Baca Ini Juga Yuk: Gulai Siput Sedut Khas Riau yang Bikin Ngiler

Tak hanya di tempat asalnya di Sokaraja, getuk goreng ini juga banyak dijual di daerah lain di Banyumas. Bahkan, saking populernya, makanan ini juga banyak dijual di daerah lain, misalnya di Kabupaten Purwokerto.

Di Banyumas sendiri, getuk goreng ini banyak dijual di toko oleh-oleh sepanjang Jalan Sudirman. Jika kamu kebetulan melintas Banyumas, makanan ini cukup direkomendasikan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Asal Mula Getuk Goreng
Umumnya, getuk dibuat dari bahan baku singkong yang dikukus atau direbus. Selanjutnya, singkong yang sudah empuk akan diolah sedemikian rupa hingga menjadi getuk.

Halaman:

Editor: Oris Riswan Budiana

Tags

Terkini

Olahan Unik Mi Instan yang Cocok Buat Kamu, Yuk Coba!

Sabtu, 5 November 2022 | 08:49 WIB

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB
X