• Sabtu, 26 November 2022

Hekeukun, Cita Rasa Jamu Sejak 1983

- Rabu, 15 April 2020 | 13:00 WIB

TemanBaik, mungkin kita tak asing lagi dengan jamu tradisional. Ya, minuman ini rasanya sudah akrab di telinga sejak kita masih kecil. Beberapa khasiat jamu memang dianggap mampu menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari serangan virus.

Dari sekian banyak jenis jamu yang beredar, ada satu merek jamu yang sudah ada sejak 37 tahun. Ya, Jamu Hekeukun, sebuah racikan jamu turun-temurun yang kini dijalankan oleh Ariani Wulandari. 

Kendati baru dipasarkan secara daring pada medio 2016, namun jauh sebelum dikemas seperti saat ini, Jamu Hekeukun sudah diracik sejak tahun 1983.

"Jamu Hekeukun ini resep dari eyang. Jadi sejak kecil sebenarnya ibu saya dan saya sudah diperkenalkan dengan ramuan tradisional ini, juga dibiasakan untuk meminumnya," ujar Ariani saat dihubungi Beritabaik.id, belum lama ini.

Kendati pelafalan namanya seperti bernuansa Belanda atau Basa Sunda zaman dahulu, namun sejatinya nama Hekeukun merupakan akronim dari 'He' untuk Jahe, 'Keu' untuk kencur, dan 'Kun' untuk kunyit. Ketiga bahan itu adalah komposisi utama dari jamu Hekeukun. Di awal perjalanannya sekitar tiga dekade lampau, jamu ini hanya diedarkan untuk kalangan terbatas seperti saat acara organisasi atau arisan keluarga, misalnya.

Seiring berjalannya waktu, terpaan teknologi dan informasi serta mulai tersingkirnya popularitas jamu oleh produk minuman kemasan menginspirasi Ariani untuk menjual jamu secara daring. Pasalnya, kendati tak begitu populer, namun peminat jamu tak bisa dibilang sedikit juga. Jamu itu kemudian ia pasarkan kepada beberapa teman dekatnya, seperti kepada orang tua murid di tempat sekolah putranya.

"Tes pasar pertama waktu ada bazar Ramadan di sekolah anak. Sambutannya baik, sold out dagangannya, Alhamdulillah. Itu jadi momentum Hekeukun goes online," ujarnya.

-


Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Pelleng, Kudapan Pelepas Perang di Pakpak Bharat

Dengan kemasan botol yang moderen layaknya minuman kemasan populer, Jamu Hekeukun nikmat diminum dalam keadaan dingin. Ariani mengaku, testimonial dari pembelinya mengatakan kalau jamu ini bisa diminum sekali tenggak layaknya minuman dingin kemasan. Tak seperti ciri khas jamu yang lekat dengan obat-obatan.

Sampai saat ini, ada 4 varian jamu yang tersedia di Hekeukun. Pertama ada Kunyit Asem yang dibanderol Rp.35.000. Varian ini tersedia dalam dua jenis, yaitu original dan less sugar. Setelah itu ada juga beras kencur, yang dibanderol dengan harga Rp.35.000.

Hekeukun juga menyediakan produk sirup jahe yang dibanderol dengan harga Rp.40.000. Karena jenisnya sirup, kamu jangan langsung menenggaknya, ya. Jamu jenis ini bisa kamu kombinasikan dengan beberapa minuman seperti teh, susu, kopi atau minuman favorit lainnya. Lalu terakhir ada menu Jamu Campur atau Mixed, yang merupakan campuran dari ketiga jamu tersebut yang disesuaikan dengan racikan Jamu Hakeukun. Jamu Mixed ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.40.000.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

Olahan Unik Mi Instan yang Cocok Buat Kamu, Yuk Coba!

Sabtu, 5 November 2022 | 08:49 WIB

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X