• Minggu, 25 September 2022

4 Tips Bikin Es Kopi Susu ala Rumahan

- Kamis, 3 Oktober 2019 | 16:30 WIB





Pamor es kopi susu gula aren memang lagi melejit. Sejak untuk pertama kalinya hadir di Tuku Kopi Jakarta beberapa tahun lalu, kini minuman hits ini pun semakin mudah dijumpai di setiap kedai kopi hingga coffee shop besar.

Tapi menikmati es kopi susu, enggak cuma bisa dijajal di kedai saja loh. Sesekali, yuk kita eksperimen di rumah. Pemilik coffee shop Joh Eun Keopi, Rio Gemini Carlo berbagi tips bikin es kopi susu terlezat anti gagal. 

Caranya cukup simpel loh TemanBaik, enggak ribet dan enggak butuh keahlian khusus. Tapi tetap saja nih, kamu wajib memperhatikan beberapa kunci suksesnya. Yuk ikuti caranya!

1. Pilih Material Kopi Terbaik
Menurut Rio, bikin es kopi susu bisa mengandalkan jenis robusta yang karakternya agak lebih pahit dibandingkan arabika. Tapi tergantung selera sih, kamu juga bisa menggunakan kopi house blend atau mencampurkan beberapa jenis dalam satu bahan. 

2. Siapkan Beberapa Opsi Susu 
Namanya juga es kopi susu, pasti butuh komposisi susu untuk membuat rasanya makin mantap. Rio menjelaskan, kalau pengin simpel dan enggak terlalu manis, TemanBaik bisa tambahkan fresh milk kemasan yang sudah pasteurisasi.


Kalau kebetulan lagi enggak tersedia susu cair segar, kamu bisa campurkan susu bubuk full cream dengan kental manis yang lebih mudah dibeli. Hati-hati loh, jangan kebanyakan ya karena rasa manisnya bakal ditambah dari gula aren. 

3. Pilih Gula Aren Orisinal
Gula aren yang asli sih biasanya menyumbangkan rasa manis yang pas dan memiliki harum yang lebih ciamik. Pemilihan gula aren yang baik juga menentukan keseimbangan rasa antara rasa pahit dan legitnya gula aren. Menurut Rio sih gula aren yang orisinal pasti manisnya light dan enggak terlalu manis.

"Aku sendiri sih biasa menggunakan brand Palm Sweet karena manisnya alami dan teksturnya gampang larut saat dipadukan dengan kopi," ujar Rio.

4. Perhatikan Kompisisi Setiap Bahan
Di Joh Eun Keopi sendiri, Rio punya takaran khusus untuk menghasilkan es kopi susu gula aren yang sedap di lidah. 

"Sederhana saja, cukup didihkan air, campurkan kopi sebanyak 10 gram ke dalam 100 ml air panas, tambahkan 25 gram gula aren lalu di-layer dengan 150 ml susu cair," rinci Rio.

Nah simpel kan? Yuk kalau kamu punya kopi bubuk di rumah, coba deh untuk mengeksplor kemampuanmu bikin es kopi susu ala rumahan. Pasti rasanya enggak kalah enak dengan es kopi susu yang biasa kamu beli di coffee shop.

Foto: Dini Yustiani/Beritabaik.id


Editor: Mentari Nurmalia

Tags

Terkini

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X