• Kamis, 6 Oktober 2022

Segarnya Sorbet ala Perancis yang Dibuat dari Buah-buahan Lokal

- Selasa, 3 September 2019 | 11:30 WIB

Bagi orang Perancis, menyantap es krim jadi kebiasaan mewah loh. Si manis yang bikin efek bahagia ini wajib hadir saat kongko santai atau jadi kudapan penting untuk mengakrabkan suasana.

Tak perlu jauh-jauh ke Paris ya TemanBaik, di Bandung juga ada loh es krim khas Perancis yang wajib kamu jajal. Tempatnya di GH Universal Hotel yang berlokasi di kawasan Setiabudhi, Bandung.

Sekilas, tampilan kudapan beku ini sama dengan es krim pada umumnya. Tapi saat dilahap, kamu akan menyimpulkannya sebagai es krim yang bertekstur kasar dengan perpaduan cita rasa antara manis dan asam menyegarkan. Hmm.

Enggak terlalu sulit bikin sorbet. Es krim ini menyerupai es serut yang dibuat dari buah-buahan segar yang di-blender lalu diberi glukosa untuk menyatukan semua komposisi bahan. Uniknya, es ini tidak mengetengahkan krim atau susu seperti layaknya es krim.

"Sorbet kerap dipilih oleh mereka yang menjalankan diet karena kandungannya bebas lemak. Buah yang sering dipilih sebagai bahan dasar, biasanya mangga dan stroberi," ujar Chef Anton Kuswendi mewakili GH Universal Hotel.

Baca Ini Juga Yuk: Rasa Es Krim Kesukaan Bisa Tunjukkan Kepribadian Tersembunyi Loh

Ia menjelaskan nih, kalau sorbet punya ciri khas asam, teksturnya lebih kasar dari es krim dan bebas lemak. Karena enggak ada unsur lemak, sifatnya jadi sensitif terhadap hawa panas dan cepat melted. Tapi es ini cocok banget loh disantap siang hari atau pas udara panas.

Anton menerangkan, lelehan nikmat dari sorbet bersumber dari es buah pure yang dicampur air dan diproses menggunakan mesin es krim. Meski olahan ini berasal dari Perancis, Anton tak mematok bahan hanya dari buah-buahan impor saja karena buah lokal juga enggak kalah sedap.

"Sorbet ini memang sangat populer di Perancis, namun asalnya dari Amerika. Asalnya dari salju yang dicampur sari buah yang prosesnya sangat sederhana. Di sini, saya coba beberapa buah lokal seperti sirsak dan stroberi yang kemudian menggunakan simphony alpro, yakni bahan pengikat agar es tidak pecah," katanya.

Enggak perlu banyak garnish atau tambahan lain yang membuat hidangan kecil ini menjadi ramai. Kamu cukup menikmati lelehannya hingga meresap sempurna di indra pencecap. Menikmati sorbet, sama loh kayak kita melahap jus segar yang menyehatkan. Yuk coba!

Foto: domentasi GH Universal Hotel

Editor: Nita Hidayati

Tags

Terkini

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X