• Sabtu, 26 November 2022

6 Racikan Ketupat Khas Nusantara yang Biasa Diburu Saat Sarapan  

- Jumat, 2 Agustus 2019 | 11:30 WIB

Apa sih menu sarapan paling populer di Indonesia? Kalau enggak olahan nasi, pasti lontong atau ketupat. Seperti di tatar sunda, menu kupat juga kerap hadir di setiap daerah dengan ciri khas penyajian dan rasa berbeda.

Lain daerah, lain pula racikannya. Misalnya di Tasikmalaya, jagoannya ada kupat tahu Mangunreja, di Bandung ada kupat tahu Gempol dan Padalarang. Untuk memperkaya wawasan kuliner khas Nusantara ini, yuk kita jajal di daerah mana saja sih yang punya menu sarapan ketupat yang rasanya terbaik. Kepoin ya

1. Ketupat Glabed
TemanBaik bisa menjumpai menu sarapan di daeraah Tegal, Jawa Tengah. Tampilannya sih mirip kuah satai padang yang punya tekstur kental berwarna kuning. Selain irisan ketupat, ketupat glabed biasanya lebih nampol dilahap dnegan satai ayam atau satai kerang. Enggak lupa juga ditemani kerupuk dan sedikit sambal.

2. Ketupat Kandangan
Kamu yang pernah mampir di Kabupaten Kandangan, Kalimantan Selatan pasti akrab banget dengan olahan sarapan yang satu ini. Unik loh ketupatnya dibungkus daun pisang berbentuk segitiga. Seperti galibnya ketupat sayur, menu ini juga diberi limpahan kuah khas Melayu yang kaya rempah dan rasany agak manis gurih.

Jangan lupa, makan ketupat Kandangan juga wajib ditemani ikan Haruan goreng atau bakar khas sungai di Kalimantan ya. 

3. Katupek Sayua
Nah kalau menu sarapan ini sih sudah terkenal banget. Berasal dari Sumatera Barat, ketupek sayua menyajikan potongan ketupat yang diberi kuah santan yang kuning kemerahan. Enggak polos saja ya TemanBaik, di dalamnya ada aneka macam sayuran seperti nangka, kacang panjang serta daun pakis.

Selain sayuran, sepiring katupek sayua juga dildngkapi ayam atau telur rebus dan ciri khas kerupuk berwarna merah. 

4. Kupat Tahu Mangunreja
Kupat tahu memang sudah termashur banget  di Jawa Barat. Tapi salah satu yang terbaik ada di daerah Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya. Kupat tahu yang satu ini mengandalkan irisan ketupat  dan tahu goreng yang dipadukan dengan racikan bumbu saus kacang.

Beda dari biasanya, rahasia kelezatan dari kupat tahu Mangunreja ada pada pengolahan bumbu saus kacangnya. Kacangnya harus disangrai sampai wangi, ditumbuk dengan alat tradisional alias anti diblender dan dimasaknya di tungku atau hawu yang menggunakan kayu bakar. Pokoknya kalau ke Tasik wajib coba deh.

5. Ketupat Babanci
Ketupat ini sih lazim dijumpai di Jakarta. Menjadi warisan resep khas Betawi, babanci memadukan potongan ketupat dengan kuah santan berisi potongan daging sapi. Sekilas sih rasanya mirip soto Betawi. Karakter kuahnya pas enggak terlalu kental atau encer.

6. Kupat Tahu Mang Ibin
Sudah memasuki generasi kedua, kupat tahu yang berlokasi di Pasar Ujungberung, Bandung ini selalu diburu banyak orang. Kalau lazimnya kupat tahu menggunakan bumbu kacang plus tauge, Mang Ibin justru menawarkan sensasi lain dengan kuah santan kental dan soun. 

Rasa yang dominan dari kupat tahu Ibin lebih ke manis gurih. Tapi enggak seperti khas Melayu atau Glabed, racikan khas keluarga ini lebih mengandalkan rempah kemiri, bawang putih, bawang merah serta kecap manis. Lezatna bikin nagih!







Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Olahan Unik Mi Instan yang Cocok Buat Kamu, Yuk Coba!

Sabtu, 5 November 2022 | 08:49 WIB

Es Podeng, Cara Warga Pribumi 'Perangi' Makanan Kolonial

Senin, 26 September 2022 | 14:46 WIB

Para Delegasi U20 Nikmati Kuliner Khas Jawa Barat

Kamis, 1 September 2022 | 19:01 WIB
X