bjb KPR General_Media Online_Media Online
news-details
Kisah Inspiratif
Istri Wali Kota Bandung Yunimar Mulyana saat menemui penyandang celebral palsy Zulfan Hariadi.

Belajar dari Zulfan, Penyandang Celebral Palsy yang Pantang Menyerah

BERITABAIK.ID - Keterbatasan fisik tak menghalangi Zulfan Hariadi bekerja dan berkarya membantu keluarganya. 

Lahir dengan kondisi Cerebral Palsy dan menghabiskan aktivitasnya selama 21 tahun di atas kursi roda, semangat juang Zulfan patut diacungi jempol.

Zulfan yang tinggal di gang kecil Jalan Margacinta, Cijaura, Buahbatu, ternyata mahir mengutak-atik ponsel dan komputer.

Keahliannya itu dia peroleh dengan belajar secara otodidak setelah lulus dari SLB Al Hikmat.

"Tadinya ada komputer, tapi karena kebanjiran jadi rusak. Dia bisa operasikan dari windows 7 ke windows 10. Bisa upload jualan e-commerce juga," cerita ibunya, Reni Hartini, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Yuk, Hilangkan Rasa Malas Beraktivitas dengan Cara Ini

Dalam siaran pers yang diterima dari Humas Kota Bandung diceritakan, Zulfan memulai usaha berjualan tumbler, kabel PS, dan diamond untuk game online di e-commerce yang dia banderol seharga Rp21.000.

"Ya memang tidak seberapa, tapi kalau saya belum punya uang untuk beli token listrik, dia bantuin beli lewat hasil jualan di e-commerce. Baju ini juga beli sendiri. Mainan buat adiknya juga dia beli sendiri," ujarnya.

Zulfan merupakan anak sulung dari dua bersaudara. Saat ditanya mengenai cita-citanya, sembari tersenyum Zulfan bilang ingin jadi tokoh inspiratif terkenal. Oleh karena itu, ia juga mulai belajar buka channel YouTube.

"Dia senang kalau diajak ngobrol, difoto, ketemu orang. Makanya ini juga belajar bikin konten YouTube. Ya saya dukung saja karena kemauan sendiri, semua dia pelajari sendiri secara otodidak," jelasnya.

Meski anaknya berbeda dengan yang lainnya, Reni bangga Zulfan bisa mandiri dan berjuang.

Baca Juga: Serunya Pelajar SDN 164 Karangpawulang Belajar Membatik

"Soalnya anak yang normal belum tentu bisa berjuang juga. Kalau dia, meski terbatas tapi tetap mau berusaha," tuturnya.

Hingga akhirnya, saat momentum rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) di RSUD Bandung Kiwari pada 18 September silam, Zulfan bertemu dengan Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) sekaligus istri Wali Kota Bandung, Yunimar Mulyana.

"Dia langsung bicara sama bu wali kota. Bu wali juga respons dan ngobrol dengan dia. Di sana saya langsung ajukan kursi roda elektrik untuk Zulfan," cerita Reni.

Dia berharap, ada kursus atau pelatihan yang bisa diikuti Zulfan untuk mengembangkan skill anaknya.

"Saya berharap ada kursus untuk Zulfan. Saya juga berharap ada terapi di rumah inklusi. Soalnya kalau ke RS langsung biasanya lama, jadwal terapinya juga belum jelas," harapnya.

Baca Juga: Vierratale Suguhkan Kembali ‘Semua Tentangmu’ dalam Format Orkestra

Menyambut baik permintaan Zulfan dan ibunya, Yunimar datang berkunjung untuk memberikan bantuan berupa kursi roda elektrik dan sejumlah sembako.

"PR kita satu per satu mulai kita selesaikan. Hari ini Zulfan kita berikan kursi roda untuk dia juga bisa mandiri. Juga untuk memberikan dia motivasi untuk semangatnya yang luar biasa," ucap Yunimar seusai berkunjung ke rumah Zulfan.

Yunimar berharap, dengan adanya kursi roda elektrik ini, Zulfan bisa bekerja secara mandiri melalui usahanya secara online.

"Selama ini dia meminjam kursi roda dari tetangga. Mudah-mudahan dengan bantuan atau fasilitas yang kami berikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui RBM hadir untuk selalu mendukung kebutuhan yang diperlukan penyandang disabilitas," katanya.

Dia juga berharap, agar semua elemen masyarakat bisa saling membantu untuk memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi kebutuhan para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Tridiku Argonaut, Mesin Cetak 3D Serba Bisa Buatan Anak Bangsa

Sebab, Pemkot Bandung membutuhkan dukungan kolaborasi untuk menyelesaikan beragam permasalahan sosial.

"Kami juga memerlukan bantuan dari segala pihak karena masih banyak penyandang disabilitas yang membutuhkan. Semoga mereka juga bisa mendapatkan peralatan dan dukungan yang dibutuhkan," imbuhnya. ***

Editor : Gin Gin Tigin Ginulur

Masih Berlangsung, Yuk Ikutan Bulan Dana Kemanusiaan PMI Kota Bandung!

Yuk, Hilangkan Rasa Malas Beraktivitas dengan Cara Ini