• Rabu, 7 Desember 2022

Kamu Mudah Mengantuk saat Puasa? Ini Penyebabnya

- Minggu, 24 April 2022 | 14:24 WIB
Ilustrasi tidur (Pixabay)
Ilustrasi tidur (Pixabay)

TemanBaik, banyak perubahan selama kita menjalankan ibadah puasa, salah satunya adalah waktu tidur. Kita akan bangun dini hari untuk sahur.

Hal tersebut membuat kita akan merasa mudah mengantuk pada siang hari. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur pun bisa memengaruhinya.

Ternyata, ada berbagai alasan lain yang membuat kita merasakan kantuk selama menjalankan berpuasa di bulan Ramadan loh! Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

Perubahan pola tidur
Saat bulan puasa, kamu diwajibkan untuk menjalankan sahur dini hari. Hal ini menyebabkan berubahnya pola tidur yang kamu jalani selama Ramadan. Belum lagi jkalau harus menyiapkan makanan untuk sahur yang membuat kamu bangun lebih awal. 

Banyak juga orang yang langsung melanjutkan aktivitas setelah sahur, sehingga jam tidur menjadi berkurang. Maka tidak heran jika memasuki waktu siang hari kamu akan merasa mengantuk dan merasa lelah lebih cepat dari biasanya. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menghindari tidur terlalu malam atau begadang.

Baca Juga: Minum Air Mineral saat Bangun Tidur, Manfaatnya Luar Biasa

Perubahan metabolisme tubuh
Dilansir dari laman Halodoc, saat menjalankan puasa, tubuh juga juga mengalami perubahan metabolisme. Biasanya kita makan sebanyak tiga kali sehari, kini hanya makan dua kali sehari. Hal ini bisa memengaruhi suhu inti tubuh dan pola tidur.

Saat berpuasa, suhu inti tubuh akan menurun, disertai dengan penurunan hormon kortisol di waktu siang. Hormon kortisol adalah hormon yang membantu kita terjaga saat siang hari, ketika ada penurunan, tentu kamu akan merasa mengantuk dan lelah.

Kadar glukosa tubuh menurun
Alasan lainnya yang menyebabkan kantuk berat saat puasa adalah menurunnya kadar glukosa tubuh. Saat berpuasa, energi yang dihasilkan oleh makanan dapat menipis. Bila tubuh tidak mempunyai cadangan energi yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari, akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan kadar gula dalam darah menurun. Kondisi ini yang menyebabkan kamu merasa mengantuk berat saat puasa.

Stres
Kondisi stres yang tidak teratasi dengan baik dapat menyebabkan kantuk berat selama menjalankan ibadah puasa. Segera bertanya langsung pada psikolog melalui untuk mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan agar tingkat stres yang kamu alami bisa diatasi dengan baik. 

Kelelahan
Rasa kantuk berat saat puasa juga bisa disebabkan karena kelelahan. Sebaiknya atur kegiatan yang akan dilakukan selama puasa. Hindari terlalu banyak berkegiatan di luar ruangan karena paparan sinar matahari secara langsung dapat memicu kelelahan yang membuat kamu mudah mengantuk. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka sehingga kamu terhindar dari kondisi dehidrasi yang bisa memicu kelelahan

TemanBaik, itulah alasan yang membuat kamu bisa sangat mengantuk saat berpuasa. Kita juga bisa mengalihkan rasa kantuk tersebut dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton atau membaca buku.

Editor: Irfan Nasution

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikmatnya Ramuan Jahe Serai yang Baik untuk Kesehatan

Selasa, 22 November 2022 | 16:25 WIB

Sering Alami Migrain, Coba Hindari 5 Makanan Ini!

Selasa, 8 November 2022 | 12:10 WIB

Yuk, Sama-sama Latih Anak Memelihara Kesehatan Mulut!

Jumat, 4 November 2022 | 10:20 WIB

4 Cara Mengatasi Demam pada Anak saat Tumbuh Gigi

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00 WIB
X