• Sabtu, 26 November 2022

Pembangkit Listrik Angin Tolo Bakal Beroperasi November 2018

- Selasa, 25 September 2018 | 15:30 WIB





Perkembangan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tolo 72 Mega Watt (MW) yang berlokasi di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, kini telah mencapai 96,68 persen. PLTB Tolo ditargetkan mencapai Commercial Operation Date (COD) pada 21 November mendatang.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengapresiasi cepatnya perkembangan proyek ini, yang dirasa lebih cepat beberapa bulan dari target. "Saya mengucapkan terima kasih, ini proyek progresnya baik, penyelesaiannya lebih cepat beberapa bulan dari yang sudah ditargetkan dan juga saya sangat berkesan dengan adanya kerja sama dan kontribusi yang baik dengan masyarakat sekitar," ujar Jonan dalam keterangan tertulis di web esdm.go.id.

Baca juga: Observatorium Terbesar se-Asia Tenggara Bakal Dibangun di NTT

Dari segi teknis, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) PLTB Tolo mencapai 42 persen. Nantinya, PLTB Tolo akan memiliki 20 Wind Turbine Generator (WTG) dengan tinggi 133 meter dengan panjang baling-baling 63 meter yang berkapasitas masing-masing sebesar 3,6 MW, yang beroperasi mengalirkan listrik. Hingga saat ini, sudah 10 WTG yang sudah terpasang, dan WTG ke-11 sedang dalam pengerjaan.

Adapun listrik yang dihasilkan PLTB Tolo akan disalurkan ke sistem transmisi PLN dengan tegangan 150 kilo volt (KV). Untuk penyaluran tenaga listrik, telah dibangun satu substation baru, yakni Substation Tolo, dan modifikasi pada substation PLN Jeneponto. Selain itu, dua unit transformator telah dipasang dengan kapasitas masing-masing 45 Volt Ampere (VA).

Sementara itu, estimasi produk listrik berkisar 198,6 Giga Watt (GW) per tahun, dengan kecepatan angin 6 meter perdetik (m/s) dan capacity factor 30 persen. PLTB Tolo juga ditargetkan akan mereduksi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 160.600 ton CO2 per tahun.


Foto: Dok. ESDM


Editor: Tya Eka Yulianti

Tags

Terkini

Yuk, Ikuti Lomba Inovasi SCBD Berhadiah Rp10 Juta

Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:37 WIB
X