10 Film Bertema Emansipasi Wanita, Cocok untuk Sambut Hari Kartini

- Rabu, 20 April 2022 | 15:19 WIB
Film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo.
Film Kartini yang dibintangi Dian Sastrowardoyo.

Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Tujuannya, mengenang kiprah RA Kartini yang telah memperjuangkan emansipasi wanita

Tak hanya beragam kegiatan, Hari Kartini bisa disambut dengan menyaksikan film-film yang memiliki tema emansipasi wanita.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan film menyambut Hari Kartini yang bercerita tentang usaha seseorang mendapat hak-hak wanita.

1. Berbagi Suami

Dirilis tahun 2006 dengan sutradari Nia Dinata, film ini mengisahkan tiga perempuan, Salma (Jajang C. Noer), Siti (Annisa Nurul Shanty), dan Ming (Dominique Agisca Diyose) yang sama-sama dipoligami oleh suami mereka.

Salma merupakan seorang dokter dan hidupnya berada di strata sosial yang tinggi. Sementara Siti gadis kampung yang pergi ke Jakarta untuk mewujudkan mimpinya. Akan tetapi dia malah dinikahi Pak Liknya (Lukman Sardi) yang sudah punya dua istri.

Lalu Ming adalah remaja berusia 19 tahun dinikahkan oleh pemilik restoran tempat dia bekerja, Koh Abun (Tio Pakusadewo) yang juga sudah beristri. Dari latar belakang yang berbeda, ketiganya memberikan pesan untuk wanita terkait poligami.

2. Perempuan Punya Cerita

Film Perempuan Punya Cerita dirilis tahun 2008 dan mempunyai empat segmen yang berbeda. Meski demikian 4 film pendek tersebut sama-sama dibuat memakai perspektif dari perempuan.

Halaman:

Editor: Gin Gin Tigin Ginulur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jawa Barat Jadi Pionir Pariwisata Berbasis HAM

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:55 WIB
X