• Rabu, 17 Agustus 2022

Bukan Nilai Akademik, Faktor Ini yang Memengaruhi Kesuksesan Seseorang

- Senin, 6 Juni 2022 | 11:19 WIB
Kecerdasan emosional (EQ) (ilustrasi)
Kecerdasan emosional (EQ) (ilustrasi)

Bukan nilai akademik yang menjadi ukuran kesuksesan seseorang, namun ada hal lain yang mempengaruhi seseorang bisa mencapai kesuksesannya.

Salah satunya adalah faktor kecerdasan emosional (EQ). Faktor ini dinilai membawa pengaruh besar bagi kesuksesan seseorang dimasa depan.

Penelitian menjelaskan bahwa kecerdasan emosional berkontribusi 2 kali lebih penting dalam mempengaruhi kesuksesan dibandingkan kecerdasan intelektual (IQ).

Hal ini dikarenakan EQ berperan sangat penting dalam proses menghadapi kehidupan sosial yang harus berinteraksi dengan orang lain. Tak adanya EQ, seseorang tidak akan bisa menjalankan hidup sebagai individu yang berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Mobil Comprehensive Terbaik

Berikut 5 Elemen Penting Kecerdasan Emosional dikutip laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad).

EQ memiliki peranan yang penting dalam kesuksesan karena bisa membuat seseorang mampu menguasai 5 soft skill, di antaranya:

1. Self Awareness

Elemen ini membuat individu mampu mengenali emosi, kemampuan, kekuatan, kelemahan dan batasan diri. Seseorang yang memiliki kesadaran pada diri sendiri dapat mudah untuk mendengar, menerima, dan menjalankan kritik dari orang lain.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Kucing Sedunia, Yuk Sayangi Hewan Lucu Ini!

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:01 WIB

Cara Mengatasi Bau Badan Tanpa Deodoran

Senin, 13 Juni 2022 | 15:42 WIB
X