• Kamis, 29 September 2022

5 Cara Menghadapi Orang yang Selalu Pesimistis

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:48 WIB
Cara menghadapi orang yang selalu pesimistis (ilustrasi)
Cara menghadapi orang yang selalu pesimistis (ilustrasi)

Tak sedikit orang yang memiliki rasa pesimistis dalam menjalani kehidupan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh dalam perkembangan pribadinya. 

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita harus selalu optimis dalam menghadapi berbagai persoalan. Sikap pesimistis akan membuat kita semakin terpuruk. 

Lalu, bagaimana cara menghadapi orang yang selalu pesimistis? Apa yang bisa kita lakukan agar setidaknya kita bisa memberi secercah harapan padanya untuk bisa lebih optimistis dalam hidupnya? 

Lima cara berikut ini mungkin bisa dicoba.

Baca Juga: Belum Dapat Bansos? Coba Daftar Dulu DTKS Kemensos, Begini Caranya

  1. Hadirkan Harapan

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, seseorang optimistis bisa melihat cahaya meskipun mungkin sama sekali tidak ada cahaya, tetapi orang pesimistis selalu berusaha untuk memadamkan cahaya. Orang pesimistis punya kecenderungan memadamkan harapan, padahal sebenarnya dia tahu harapan itu masih ada. Sehingga ketika berhadapan dengan orang pesimistis, kita bisa berupaya untuk senantiasa menghadirkan harapan di setiap keadaan yang sedang dihadapi.

  1. Pahami Sudut Pandangnya Curhat dengan sahabat dekat

Mungkin kita tak sepakat dengan opini atau pendapatnya terhadap sesuatu yang terlalu negatif. Semakin kita mendebatnya, semakin keras kepala ia mempertahankan argumennya. Kalau seperti ini, kita bisa cukup memahami saja sudut pandangnya. Tak harus membantah atau berusah mengoreksinya, cukup dengarkan saja.

  1. Utarakan Sudut Pandang PribadiBersama sahabat-sahabat dekat

Dia punya sudut pandang sendiri, kita pun pasti punya sudut pandang kita sendiri. Saat dia terlalu negatif memandang sesuatu, kita bisa coba untuk mengutarakan keadaan yang sama dari sudut pandang yang lebih positif. Setidaknya di sini ada sudut pandang berbeda yang bisa ia dapat, dan mungkin bisa jadi bahan refleksi dirinya.

  1. Ajukan Pertanyaan-Pertanyaan

Seseorang yang pesimistis biasanya gampang sumpek. Di sini kita bisa mencoba untuk bantu menguraikan rasa sumpeknya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Bantu ia mengurai semua isi kepala dan pandangan-pandangan yang ia pegang terlalu erat. Setidaknya, nanti dia bisa melakukan koreksi diri jika ada hal yang sebenarnya salah.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Bisa Mempercepat Penuaan

Selasa, 20 September 2022 | 08:51 WIB

7 Ciri Orang yang Berpikir Menggunakan Akal Sehat

Senin, 19 September 2022 | 17:38 WIB

Kamar Mulai Bau, Begini Trik untuk Mengatasinya

Rabu, 14 September 2022 | 11:23 WIB

Tips Aman Terobos Banjir Menggunakan Motor Matic

Selasa, 13 September 2022 | 09:08 WIB

Tips Menjemur Pakaian agar Cepat Kering saat Musim Hujan

Selasa, 13 September 2022 | 06:05 WIB

Apa Itu Polis Asuransi? Begini Penjelasan Selengkapnya

Kamis, 8 September 2022 | 15:40 WIB
X