• Rabu, 7 Desember 2022

Sejak Kapan Halalbihalal Dilakukan di Indonesia? Ini Sejarahnya

- Senin, 9 Mei 2022 | 12:16 WIB
Sejarah awal mula tradisi Halalbihalal (ilustrasi/goodnews)
Sejarah awal mula tradisi Halalbihalal (ilustrasi/goodnews)

Di Indonesia, seusai lebaran biasanya kental dengan nuansa Halalbihalal. Sebuah tradisi bermaaf-maafan usai menjalankan ibadah puasa. 

Tradisi yang sudah turun temurun ini kerap dilakukan umat Islam tanah air di bulan Syawal atau setelah lebaran

Tidak hanya dilakukan masyarakat biasa, Halalbihalal dilakukan juga di lingkungan kantor, instansi maupun tempat kerja lainnya. 

Namun tahukah Anda kapan Halalbihalal ini dilakukan, dan bagaimana sejarahnya di Indonesia? 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah Halalbihalal adalah hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan yang biasanya diadakan di sebuah tempat (auditorium, aula, dan sebagainya) oleh sekelompok orang dan merupakan suatu kebiasaan khas Indonesia. 

Baca Juga: Kenapa Doa Kita Belum Dikabulkan Allah? Yuk, Kenali Penyebabnya

Halalbihalal juga biasa disebut silaturahmi. Pada saat lebaran, biasanya berkumpul di rumah saudara dan kolega untuk silahturahmi dan bermaaf-maafan yang biasa disebut dengan Halalbihalal.Dan ternyata istilah dan tradisi Halalbihalal hanya ada di Indonesia. 

Lantas, seperti apa sejarah dan makna Halalbihalal?  

Asal usul tradisi Halalbihalal Dirangkum dari laman NU online, asal usul Halalbihalal dimulai ketika Presiden Soekarno memanggil KH Wahab Chasbullah ke Istana Negara untuk dimintai pendapat dan sarannya untuk mengatasi situasi politik Indonesia.

Halaman:

Editor: Asep Awaludin

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X