• Kamis, 8 Desember 2022

Kopi Robusta Bengkulu Akan Dibawa ke Australia

- Kamis, 30 Januari 2020 | 09:30 WIB

TemanBaik tahu enggak jika Provinsi Bengkulu terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi robusta terbaik di Indonesia? Bahkan, Bengkulu adalah penghasil kopi robusta terbesar ketiga di Indonesia.

Yang paling beken adalah kopi robusta yang ditanam di daerah Kepahiang dan Curup Rejang Lebong, Bengkulu. Berbagai penghargaan sudah diraih untuk kopi-kopi ini, salah satunya dari Perancis.

Pemprov Bengkulu pun melakukan berbagai upaya untuk mendorong ekspor kopi robusta andalan daerahnya ke berbagai negara. Berbagai strategi dilakukan.

Yang terdekat, Pemprov Bengkulu bakal ikut dalam kegiatan Misi Dagang di Australia pada Februari 2020. Ini jadi ajang promosi skala internasional yang manfaat besarnya akan dirasakan oleh Bengkulu, khususnya para petani kopi di Bengkulu.

Baca Ini Juga Yuk: Tips Merawat Sukulen dan Kaktus Biar Awet dan Menawan

Selain pameran, Misi Dagang ini berbentuk forum bisnis dan one on one bussines matching. Sehingga, akan ada interaksi langsung dengan pembeli yang hadir di lokasi dan berbagai pihak lain, terutama pelaku usaha.

"Salah satu upaya kita (melebarkan ekspor kopi adalah) dengan ikut dalam Misi Dagang di Australia bulan Febuari nanti. Kita harus hadir terus dalam kegiatan-kegiatan kopi internasional," ujar Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah di laman resmi Pemprov Bengkulu.

Melalui ajang ini, Pemprov Bengkulu juga punya misi lain. Di sini akan disosialisasikan bahwa Bengkulu akan menjadi tuan rumah International Coffee Day 2020 pada Oktober mendatang.

Kegiatan 'pemanasan' pun sudah dilakukan Pemprov Bengkulu untuk menyambut International Coffe Day. Pada 25-26 Januari lalu digelar Roasting Class dan Cupping Test se-Bengkulu. Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku kopi di Bengkulu dan menyiapkan generasi baru untuk menjawab tantangan zaman.

Halaman:

Editor: Irfan Nasution

Tags

Terkini

X